Kiat-Kiat Wisata Murah di Belanda

Posted on Updated on

Suasana di Giethoorn. Dusun Air Terindah di Dunia. Tempat wisata di Belanda ini sunyi, tidak ada kendaraan bermotor. Hanya jalan setapak.
Perahu di Giethoorn

Jika berlibur ke Eropa, Belanda jadi bagian yang menarik disambangi. Di negeri Kincir Angin dan Tulip ini, kawan tidak perlu buang waktu dan uang. Eka Tanjung dari Serbalanda menyampaikan berbagai tips dan kiat berhemat penginapan, makan  dan transportasi. Serta hemat pipis.

Serbalanda kerap mendapat pertanyaan dan request mengenai tempat menginap murah dekat Stasiun Amsterdam Centraal dan harganya murah. Kombinasi yang sulit didapat, karena penginapan di lokasi strategis harganya mahal. Hampir tidak mungkin nemu hotel dekat stasiun Amsterdam Centraal di bawah harga € 50,- per orang.

Museum Rembrandt sudah tidak ada lagi Icon Iamsterdam. Yang berdiri malah tulisan #serbalanda.
Museum Square Amsterdam

Penginapan
Eka Tanjung dari Serbalanda yang sudah lebih 30 tahun berdomisili di Belanda mengenal banyak tempat murah. Kami sarankan penginapan di pinggir kota Amsterdam yang bisa dijangkau Bus, Trem atau Metro. Serbalanda pernah menulis tentang:  Tiket Kendaraan Umum di Belanda. 

Penginapan yang ditawarkan kawan-kawan Serbalanda, harganya antara €20 – € 35,- per orang per malam. Tergantung lokasi dan peak season. Biasanya untuk anak-anak balita berlaku harga khusus. Kemarin kawan Serbalanda pemilik B&B di Amsterdam bahkan tidak meminta harga untuk anak di bawah 5 tahun.

Kincir Angin di Zaanse Schans, salah satu tujuan wisata yang penting di Belanda. Kombinasi dengan tour Volendam dan Giethoorn.
Zaanse Schans Pic:©Serbalanda

Mudah Dijangkau Kendaraan Umum
Walaupun lokasi penginapan di pinggir kota Amsterdam atau di kota lain, tapi mudah dijangkau kendaraan umum. Jarak tempuh maksimal 30 menit. Masalah koper dan bagasi yang besar tetap bisa dibawa dengan kendaraan umum. Kendaraan umum di Belanda sangat ramah penumpang, bagi penumpang sehat maupun yang berkursi roda.

2015-05-25 17.33.12

Koper di Simpan
Kalau kawan tidak mau ribet dengan bagasi ketika berperjalanan di Belanda, maka koper atau tas besar bisa disimpan di locker yang disediakan stasiun besar di Belanda. Silakan baca informasi Locker di Bandara Schiphol.
Dan Locker di stasiun Amsterdam dalam bahasa Inggris.

So, kawan bisa leluasa jalan-jalan di Amsterdam tanpa membawa bagasi besar. Tangan tidak terganggu untuk ber-selfie-ria. Dan senyum bisa sumringah karena tidak perlu khawatir bagasi disikat maling ketika sedang menatap kamera dan mengambil posisi mannequin mode on. Walau demikian mohon tetap waspada ketika sedang berada di tempat-tempat wisata. Banyak copet yang mencari kesempatan.

Tiket Harian
Jika kawan berencana menjelajah Amsterdam, atau kota besar Belanda lain bisa memanfaatkan ticket per hari yang ditawarkan. Sebagai contoh di Amsterdam ada bermacam jenis ticket angkutan umum untuk 24 jam, 48 jam bahkan sampai ticket untuk 7 haripun ada.

2015-04-04 10.48.08

Orang Lokal
Berbeda dengan Tour dan Travel Standar, maka Serbalanda bisa membawa kawan ke tempat manapun, berdasarkan keinginan. Ke calon mertua atau calon suami pun, bisa. Kalau tour dan travel umum biasanya hanya membawa ke tempat-tempat yang biasa dikunjungi saja. Volendam, ke Zaanse Schans, Madurodam, Canal Cruise, Diamond Factory dan tempat shopping. Mereka tidak akan membawa kawan ke Giethoorn yang indah itu. Dan juga tidak ke tempat bagus yang biasa dikunjungi locals.

Saran Locals
Kalau kawan ingin juga melihat tempat-tempat locals Belanda berbelanja, makan, souvenirs, oleh-oleh coklat, membeli kebutuhan sehari-hari. Maka perlu masukan dari penduduk locals. Mereka tahu tempat belanja murah, karena mereka sendiri terbiasa hemat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Itu pula sebenarnya salah satu keuntungan jika menginap di rumah orang Indonesia yang sudah lama domisili di Eropa.

Supermarket Super Murah
Jangan lupa pula mencari oleh-oleh di supermarket yang biasa menawarkan coklat atau keju harga promo. Dengan harga korting bisa memborong oleh-oleh sampai koper beranak pinak. Supermarket harga sahabat yang terkenal di Belanda: LIDL (banyak coklat), ALDI (banyak kejutan), Albert Heijn (coklat dan keju), Dirk van den Broek, DEEN , Jumbo dll.

Tips Murah Locals
Di setiap kampung di Belanda memiliki komisi yang menyelenggarakan kegiatan untuk penduduk lokal. Jadi jika kawan sedang menginap di salah satu jaringan B&B Serbalanda, bisa mendapatkan masukan tentang pawai atau braderie locals yang menarik disaksikan dan disambangi. Acara-acara tradisiona Belanda ini biasanya sangat menarik dan penduduknya tidak terlalu commercials oriented.

Air Keran Gratis
Barang kali kawan tidak terbiasa meneguk air langsung dari keran, untuk menghilangkan rasa dahaga. Tapi sebenarnya tidak perlu takut meneguk air dari keran di Belanda. Sebab air keran di Negeri yang terletak di bawah permukaan air laut itu, terkenal sangat bersih dan tidak beraroma kaporit atau aroma Cendol Susu Durian. Mohon diperhatikan, hanya air keran dingin yang aman diminum tanpa dimasak. Sebab kalau air panas dari keran, itu kurang sehat karena panasnya tidak sampai 100 derajat Celsius.

Penyaringan Air
Proses pembersihan air minum Belanda sangat canggih dan mencapai saringan yang maksimal. Jadi salah satu cara berhemat adalah, berbekal botol kosong. Jika kunjung ke restoran, mohonlah izin ke toilet, dan mengisi botol dengan air keran. Maka kawan akan menghemat minimal €2 per botol. Toilet dan Air Gratis.  Air Keran Belanda Bersih.

Pipis Dapat Duit
Atau kalau kawan harus ke kamar kecil di tempat wisata Zaanse Schans, biasanya berbayar. Setengah Euro sekali masuk. Memang sulit untuk berhemat kalau urusan pakai toilet berbayar. Karena kalau pipis ditahan, bisa menimbulkan penyakit yang lebih parah. Ginjal bisa teriak-teriak kesakitan. Pipis Murah di Belanda

Botol Kosong
Nah untuk mengantisipasi penghematan itu, maka bawalah botol kosong saat masuk toilet. Sehingga dengan keluar membawa botol ukuran 2 liter yang penuh air minum maka ada sejatinya sudah memperoleh pendapatan sekitar € 2,-

Host Ramah
Seperti diungkap Flora, wanita Indonesia yang menginap di B&B Serbalanda selama tiga malam di Amsterdam. Ia datang ke Amsterdam dari Paris dengan menggunakan kereta Thalys. Masuk Amsterdam Sentral malam-malam dan sesampainya di penginapan Serbalanda, disuguhi makan. (padahal bukan janjinya dapat makan. red.) Dan maaf ini bukan jaminan bahwa akan selalu dapat makan. Tergantung kebaikan si pemilik rumah.

“Waah mas Eka, host nya baik banget. Servicenya oke banget. Suaminya juga kasih tips transportasi dan belanja murah di Amsterdam.” 

Ikut Makan
Karena Serbalanda mengutamakan service lebih baik lagi, maka kami meminta saran dan masukan kepada setiap tamu. Flora dalam hal ini menyebutkan bahwa kamarnya terlalu kecil. Memang harus diakui di Belanda ini rumahnya rata-rata lebih kecil dari di Indonesia.

“Kami jadi malu juga, beberapa kali diajak ikut makan malam. Hostnya rajin dan rasa-rasa seperti di rumah keluarga sendiri. Sambutannya hangat.” 

Tour Private
Ditanya review  angka antara 0 sampai 10, Flora dan kawan-kawan memberikan 8,5 untuk Service dan 7 untuk fasilitas. Dengan bekal masukan ini, Serbalanda dan team berusaha terus meningkatkan services. Contoh Paket Murah Serbalanda.

Saat ini semakin banyak requests masuk untuk tour-tour wisata Belanda untuk group kecil 4 – 8 orang. Kami mulai melebarkan sayap pelayanan tour Eropa dengan mempertahankan service baik ini.

Testimonia:
Bersyukur Serbalanda selama ini menerima tanggapan positif dari kawan-kawan Indonesia dan Malaysia. Ingin baca testimoni tetamu yang sudah pernah menginap dan jalan dengan Serbalanda. Silakan klik. Apa Pendapat Tamu Tentang Serbalanda.