Sim Card Mudah & Murah di Eropa

Posted on Updated on

Inilah Sim Card paling murah di Belanda dan Eropa selama liburan. Sejak Juni 2017, Eropa menghapus roaming cost antar negara. Lebara jadi pilihan terbaik. Bahkan sering membagi kartu sim gratis. Sim Belanda juga gampang soal registrasinya!

Bila ke Belanda liburan atau dinas, tentu kita ingin tetap online. Idealnya bila kawan bisa tetap menggunakan Free WiFi sepanjang hari. Tapi faktanya, saat itu belum semua tempat umum difasilitasi WiFi. Kalau sedang berada di hotel, stasion kereta, kafe, restoran dan bandara tentu bisa menggunakan sarana Free WiFi. Jika fasilitas WiFi tidak tersedia, maka ada baiknya menggunakan sim card Lebara. Serbalanda menyediakan solusi termurah untuk online selama liburan di Eropa.

2016-06-20 01.36.00

Nomor Lokal
Jika kawan ingin tetap online, ada baiknya punya nomor lokal Belanda. Agar tetap bisa membaca email, menerima pesan Whatsapp, mengupdate status Instagram, pamer selfie di Giethoorn lewat Twitter dll. Bahkan mulai 16 Juni 2017 ini, Lebara bisa roaming free dipakai di negara lain dalam Eropa*. Jadi setelah ditop-up di Belanda maka kawan bisa beronline di negara lain. (*kecuali Swiss)

Whatsapp_Logo_02

Nomor lokal Belanda bermula dengan kode negara: (+31) dan untuk nomor HP Belanda dimulai dengan angka 6.

Bebas Tagihan
Kelebihan memiliki nomor Belanda, kawan jadi mudah berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait di Belanda. Untuk menelpon penginapan, hotel atau mengirim SMS ke teman di Belanda.

Registrasi Gampang
Kelebihan lain memilih SimCard Belanda, dibanding negara-negara lain Eropa adalah kemudahan registrasi. Lebara di Belanda pengaktifan nomor,  cukup dengan *1244# |  sudah selesai! Tanpa menyebutkan alamat di Belanda, nomor paspor dan embel-embel lain.

Sedangkan simcard negara lain, harus melaporkan nama, nomor paspor dan lain-lainnya! Contohnya di Jerman dan Prancis.

HP Lokal
Memakai HP lokal jatuhnya murah karena tidak akan ada tagihan rekening, sekembalinya di Indonesia. Keuntungan lain adalah, jika kawan berdua atau lebih, berkomunikasi dengan sesama pemakai simcard Lebara, maka tidak kena beaya telepon.

HP Indonesia
Sebaliknya, kalau kawan tetap memilih menyalakan nomor HP Indonesia, +628… kawan akan kena roaming kalau nelepon ke Indonesia atau ke nomor Belanda. Dan lebih cilaka lagi kalau nomor HP Indonesia ditelepon rekanan bisnis atau pasien dari Indonesia.

Roaming
Contohnya saja: Si penelpon dari Indonesia kena tarif lokal karena menelpon nomor Indonesia, tapi kawan yang sedang liburan di Belanda atau negara lain Eropa menerima telepon akan kebobolan karena harus membayar roaming ‘koneksi’ dari Indonesia ke Belanda. Akibatnya nanti rekening telepon bisa membengkak, sekembalinya dari liburan.

Lebara_002


Sudah beberapa kali, Serbalanda mencatat kawan-kawan yang mengatur setting langganan di Indonesia dengan ekstra paket Internasional, tetapi sesampainya di Indonesia tetap saja kena charge tambahan.

“Itu memang monopoli yang dimiliki oleh provider di Indonesia. Mereka tidak mau menjelaskan alasan jika mengenakan ekstra ongkos pulsa.”  demikian ungkap salah satu tamu Serbalanda.

Untuk mencegah rekening telepon di Indonesia membengkak, sebaiknya menggunakan nomor Belanda. Selain untuk telepon dan SMS, ada juga paket data yang bisa diambil.

Simcard_NL

Pre-Paid
Eka Tanjung dari Serbalanda mendapati provider yang menawarkan simcard prabayar ( non-langganan) paling beken: LEBARA

Dia memiliki Sim Card dalam 3 format. Nano, Micro dan Sim Card tipe Standar untuk HP lama.

Lebara menggunakan jaringan KPN, terbesar, tertua dan terpercaya di Belanda.

Tentu saja selain itu masih banyak provider besar lain yang menawarkan pre-paid, simcard: Vodafone, Telfort, Tele2 serta yang lainnya. Namun Serbalanda saat ini masih lebih mantap dengan Lyca dan Lebara. Lyca kami coret karena sinyal di Belanda bagus tapi internetan di Eropa, parah. Beberapa kawan tidak bisa berinternet di Jerman, padahal pulsa masih cukup.

Setting Smart Phone
Untuk mengaktifkan internet Lebara perlu merubah setting data di Smart Phone. Sejatinya tidaklah sulit untuk mengaktifkan internet. Mohon jangan lupa merubah setting:

Roaming
 “Pilihan Data Seluler” >> “Roaming Menyala”

 Internet Setting Lyca Mobile
• Name: lyca internet
• Name access point (APN): data.lycamobile.nl
• User name access point: lmnl
• Password access point: plus
Lupakan dulu Lyca

NOTE: Mohon diperhatikan juga jika kawan menggunakan Smartphone yang ada dual simnya. Mohon agar sim Belanda (lebara) yang dinyalakan untuk internet dan penggunaan datanya. 

Internet Setting Lebara Mobile
Lebara memberi penjelasan rinci untuk settingan internet. Provider ini menawarkan panduan online bagi semua jenis SmartPhone. Silakan pilih sendiri.
Namun pada intinya:

Name: Lebara internet
APN: multimedia.lebara.nl
MCC: 204
MNC: 08 atau 12
Authentification type: PAP.
APN type: default. (Note: in lower case)
Save

NOTE:
Jangan lupa membaca petunjuk pada keterangan yang menyertai sim-card baru. S̰ḛr̰b̰a̰l̰a̰n̰d̰a̰ ̰m̰ḛn̰c̰a̰t̰a̰t̰ ̰b̰a̰h̰w̰a̰ ̰ṵn̰t̰ṵk̰ ̰s̰ḭm̰c̰a̰r̰d̰ ̰L̰ḛb̰a̰r̰a̰ ̰p̰ḛr̰l̰ṵ ̰diaktifkan dengan t̰ḭg̰a̰ ̰l̰a̰n̰g̰k̰a̰h̰:̰
1̰̰. T̰ḛl̰ḛp̰o̰n̰ ̰g̰r̰a̰t̰ḭs̰ ̰k̰ḛ ̰1̰2̰4̰4̰
̰2. P̰ḭl̰ḭh̰a̰n̰ ̰S̰a̰l̰a̰h̰ ̰S̰a̰t̰ṵ ̰S̰ḛt̰t̰ḭn̰g̰ ̰B̰a̰h̰a̰s̰a̰ (Pijit 2 untuk Bahasa Inggris)
3̰. P̰ḭl̰ḭh̰ ̰O̰p̰s̰ḭ ̰1̰

Catatan: code yang diperlukan untuk Lebara.
Cek Saldo: *100# (bintang – 100 – pagar)
Lihat nomor telpon sendiri: *149# (bintang – 149 – pagar)

Good Bye, Roaming!
Pengguna data internet lewat prepaid, seperti orang Eropa yang sering bepergian ke negara lain dalam Eropa bisa lebih berhemat mulai Juni 2017. Mereka tidak lagi kena roaming ketika menggunakan data di Paris, dari langganan provide di negaranya Belanda.

Seorang kawan Serbalanda yang berdomisili di Belanda menuturkan pengalamanannya:

Schermafdruk 2018-01-23 19.54.27

Wisatawan Indonesia
Bagi wisatawan dari Indonesia, perkembangan tentang penghapusan roaming di Eropa ini perlu mendapat sambutan hangat. Jika Anda sudah membeli sim card salah satu nomor negara Eropa. Prancis, Italy atau Belanda maka cukup dengan mengisi pulsa data di salah satu negara itu, maka bisa dipakai di negara lain Eropa tanpa kena beban roaming cost.

Kartu Perdana
Simcard Lebara dan Lyca bisa dibeli di banyak supermarket. Mintalah Starter Kit dengan nomor Belanda, Belgia atau Prancis dll. Kadang ada yang sudah diisi: €5,-
Atau nomor “kosong”  gratis. Harus ditop-up untuk pengaktifan. Cara pengaktifan Lebara cukup dengan memijit 1244 – ditutup dengan “call.”

Selamat menyambut perkembangan baik di Eropa, bagi kawan yang senang tetap online tanpa takut kena cost tambahan. Gunakan Lebara.

Selamat berlibur!

Airport Lebih Mahal
Jika Kawan Berminat memesan sim card Lebara dan men-top-up data. 1Gig, 2Gig atau selebihnya sebaiknya memilih di luar Airport. Sebab pengalaman Serbalanda, mereka di bandara menerapkan harga lebih tinggi. Bang Arshad salah satu tamu serbalanda, membeli kartu perdana dan data 2 Giga dan beberapa menit pulsa Lebara di Airport Schiphol. Kena €35,-

Sedangkan sang ibunya yang, mengambil kartu yang sama dengan Giga yang lebih banyak 5 Giga dari Serbalanda, hanya kena €25 euro. Data ini berlaku di semua negara Eropa selama 30 hari.

eka_tanjung_2017_kontak
Hubungi Eka Tanjung dari Serbalanda


Tour Tiga Tempat Yang Murah Meriah di Belanda
Penginapan Murah Meriah di Belanda
Top 40 Macam Menu Makanan Indonesia di Belanda

Top 40 Resto HALAL non-Indonesia di Belanda.
Top 30 Resto HALAL, Indonesia – Suriname di Belanda
Top 60 Macam Sambal di Belanda
Top 40 Restoran Indonesia di Belanda
Top 40 Tempat Wisata Belanda

Advertisements