Kiat Hemat Transport di Belanda

Posted on Updated on

Bus 2015-03-13 13.02.52Transportasi umum Belanda teratur dengan baik. Jam keberangkatan bus, kereta, tram dan lainnya bisa dilihat jauh hari sebelumnya. Dengan planning yang baik kawan bisa berhemat di waktu dan uang. Inilah kiat-kiatnya.

1. Angkutan umum di kota-kota besar seperti Amsterdam, Rotterdam, Den Haag menawarkan tiket dengan harga khusus. Harga ini lebih murah daripada harga ngetengan. Jika kawan ingin explore kota Amsterdam, maka ada baiknya membeli tiket 24-jam, 48-jam atau bahkan 7 hari. Baca link: Tiket Amsterdam.

2015-05-25 17.33.12

2. Taxi merupakan pemecahan baik, jika kawan tidak ingin repot membawa-bawa koper naik turun bis. Tarifnya tentu saja lebih mahal dari kendaraan umum. Naik taksi resmi, memberi rasa aman dan cepat sampai tujuan. Ada tiga cara untuk memesan taksi. Pertama, ambil taksi on the spot langsung naik di tempat pangkalan taksi. Kedua, memesan taksi by phone atau di kantor perwakilan di bandara. Ketiga dan terbaik adalah dengan memesan taksi lewat online.

3. Nebeng Teman merupakan angkutan paling murah di luar negeri. Kawan bisa dibawa ke lokasi yang diinginkan. Kebersamaan waktu di mobil bisa menjadi momentum baik berbincang mengenang masa lalu. Itung-itung reuni di atas roda. Menemukan kawan di luar negeri tidak gampang, kalaupun sudah dapat teman dadakan dari Facebook atau media sosial lainnya belum tentu dia punya waktu atau belum tentu cocok.

4. Menyewa Mobil. Jika kawan bepergian bersama keluarga, minimal 4 orang plus balita, maka sebaiknya menyewa dan mengemudikan sendiri kSepeda 2015-05-23 14.45.13endaraan selama di Belanda atau Eropa. Usahakan kawan sudah mengurusi SIM Internasional di Indonesia. Mobil bisa diambil mulai di Bandara dan kembali ke Bandara. Mohon diperhatikan dengan perbedaan stir antara Eropa Daratan (Stir Kiri) dengan Indonesia (Stir Kanan).

5. Sepeda.
Salah satu angkutan yang juga sangat murah adalah sepeda. Kawan bisa menyewa sepeda di setiap stasion besar di Belanda. Sementara koper di simpan di locker stasion atau bandara, kawan bisa menggayuh pedal seperti layaknya orang-orang Belanda. Dengan cuaca yang cerah, maka sepeda merupakan transportasi paling ideal dan murah. Sehat, hemat dana dan ramah lingkungan pula.

eka_tanjung_2017_kontak

Links menarik:

Advertisements