Belanda, Tetap Indah di Musim Dingin

Posted on Updated on

20170211_161353Musim dingin di Belanda tetap punya daya pikat luar biasa bagi wisatawan manca negara. Arus ribuan penikmat liburan ke Benua Eropa tetap deras, tidak tersumbat temperatur rendah di bulan Desember, Januari, Februari dan Maret. Wisata Belanda tetap ramai menawan sepanjang tahun. Banyak yang bisa disambangi di musim dengan suhu rata-rata 5 derajat Celcius itu.

Eka Tanjung dari Serbalanda melihat peningkatan jumlah wisatawan dari Indonesia, Malaysia, dan Negara Eropa lainnya, tahun-tahun belakangan ini. Sebagai WNI yang sudah 30an tahun domisili di Eropa, penulis melihat perkembangan jumlah wisatawan dari manca negara yang datang dari tahun ke tahun.

Bagi wisatawan dari kawasan Tropis seperti Indonesia dan Malaysia, jelas suhu dingin sangat tidak biasa. Suhu -5 derajat Celsius tetap berbeda dengan suhu dingin pagi di Bumi Parahiyangan atau Mbatu Malang.

soesilo_giethoorn
Pak Soesilo boss (innograph.com)

Namun demikian, suhu dan situasi sekeliling memberikan kharisma tersendiri. Pamandangan tersendiri. Kapan lagi ke luar rumah dengan pakaian berlapis empat? Kapan lagi menggunakan sepatu booth dan kapan lagi pakai Syaal, Kupluk dan sarung tangan?

Keindahan Butuh Pengorbanan
Para tetamu Serbalanda menyadari bahwa semua yang “indah” atau unique itu butuh perjuangan. Penakluk gunung tertinggi dunia, Mount Everest di Himalayan pun butuh perjuangan dan kekuatan menahan dingin. Memang sih, liburan tidak bisa disamakan dengan mendaki gunung. Serbalanda hanya ingin menyampaikan perumpamaan bahwa untuk meraih keunikan, butuh jalan yang agak unique yang tidak biasa pula.

Giethoorn
Contohnya adalah menikmati Giethoorn di musim dingin. Wisatawan Indonesia disambut musim yang suhunya kisaran titik beku, Nol derajat Celsius. Mereka bisa melihat, bagaimana orang Eropa menjalani hidup sehari-hari di musim ekstrim itu. Melihat pemandangan lahan pertanian yang kosong. Jalanan lebih sepi dibandingkan musim lain. Itu tampak kental sekali di Giethoorn. 

Beberapa tamu Serbalanda bertanya: “Rumah-rumah di Giethoorn ini masih dihuni pak? Kok sepi sekali ya?” Penduduk lokal biasa menghabiskan waktunya di dalam rumah, sambil duduk di muka perapian menikmati segelas wine atau  secangkir hot chocolate. Rumah Belanda di musim dingin sangat mudah dikenali, keberadaan penghuninya. Kalau cerobong asap rumah mengepulkan asap putih, itu tandanya penghuninya sedang berada di rumah. Berti alat pemanasnya menyala atau kompornya dipakai.

Ice Skating
Di musim dingin, sekalipuan air sungai membeku, anak-anak tetap pergi ke sekolah, orang dewasa bekerja dan petani serta pedagang mengurusi usahanya. Kehidupan tetap berjalan normal. Orangnya sama, hanya pakaiannya saja yang tebal-tebal.

wpid-20150124_093655.jpg
Anak-anak menggunakan kesempatan turun salju untuk bermain dan membuat bola-bola salju.

Salah satu kegiatan yang menarik di musim dingin adalah Ice Skating. Gelanggang main Ice Skating digelar selama bulan Desember dan Januari, lokasi paling terkenal di Amsterdam adalah depan icon: di muka Rijksmuseum Amsterdam. Lihat Gambar di Bawah ini.

20170214_084936
Pic: Serbalanda. Arena Ice Skating di Museumplein

Di musim dingin kehidupan di Belanda dimulai lebih siang dari musim lainnya, dan berakhir lebih cepat. Sebab matahari muncul sekitar jam 8.30 pagi, itupun kalau Sang Mentari mau muncul. Dan dia akan lenyap lagi sekitar jam 17.00 Sore.

Dengan waktu terang yang terbatas itu, maka Serbalanda memberikan tour dan wisata yang bisa dijalankan sesuai keterbatasan waktu terang. Museum, Toko Souvenir , Pasar buka lebih lambat dan tutup lebih cepat.

2015-04-04 10.48.08
Belanja Oleh-oleh di Pasar Lokal

Museum
#supirsantun yang berbasis di Eropa bisa memberi laporan kondisi teraktual, cuaca dan juga tempat yang bisa dikunjungi. Musea adalah pilihan terbaik jika cuaca sedang ekstrim dan kurang bersahabat. Sebagai contoh saja: Rijksmuseum (museum Rembrandt), Van Gogh Museum, Spoorweg Museum Utrecht, Wereld Museum, Anna Frank Huis, Science Museum Nemo, Maritiem Museum, This is Holland.

Romantis
Di kala suhu rendah, betapa pepohonan gundul tanpa rindang hijau daunnya, berdiri sepanjang jalan menunggu datangnya musim semi. Di sepanjang ladang yang tanpa tanaman sudah menunggu pula umbi-umbi bunga Tulip yang siap akan muncul ketika musim Semi tiba.

Perjalanan ke Giethoorn, bisa sangat berkesan karena menyaksikan Kincir Angin Moderen. Di antara Amsterdam dengan Giethoorn sebenarnya terdapat berbagai tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. FO Bataviastad, tempat belanja murah untuk pakaian branded, menyaksikan kapal VOC Batavia, Sholat di Mesjid Maroko di Lelystad. Schokland, museum sejarah Belanda di bawah laut.

20170214_085330
Pic: Serbalandatour. Floating Market Bloemenmarkt Amsterdam

Pasar Rakyat
Wisatawan Indonesia tetap bisa menyaksikan kehidupan penduduk lokal berbelanja ke pasar kaget. Setiap kota ada pasar kaget minimal 2 kali seminggu. Biasanya Sabtu dan Rabu atau Kamis. Penduduk lokal Belanda, ya bule, ya hitam, ya coklat dan kuning berramai-ramai membeli kebutuhan sehari-hari. Atau kalau kawan di Amsterdam bisa ke Dappermarkt, Albert Cuypmarkt,  Bloemenmarkt (Floating Market.) Jika ingin tahu detil di kota-kota lain, sebaiknya bertanya ke penduduk lokal.

Pemandu Wisata di Belanda. Ingin Berwisata Puas di Belanda dan Eropa. Mencari tour murah di Belanda. Angkutan umum hemat di Belanda. Penginapan Hemat dan Murah di Belanda. #supirsantun orang Indonesia di Amsterdam. Gaet Indonesia yang Asik.

Silakan menghubungi kami, jika berminat jalan-jalan di Amstrerdam dan kota lain di Belanda, dengan senang hati team serbalanda menemani kawan. Menjadikan moment kunjungan di Amsterdam berkesan dan melekat indah di memory.

Kami bisa memberikan pendampingan dengan kendaraan umum, mendampingi dengan kendaraan pribadi, atau juga ingin berkunjung ke negara tetangga Belanda, seperti ke Dusseldorf – Cologne – Luxemburg – Brugge (Bruges) – Brussel – Gent – Antwerpen.

Jalan-jalan di Amsterdam, Walking Guide, Guide Indonesia, Rotterdam, Den Haag, Delft, Brugge, Matterhorn, Zermatt, Dusseldorf