Giethoorn, Wisata Romantis dan Ngangenin

Posted on Updated on

2015-09-09 18.57.27
Giethoorn

Giethoorn kampung unik dengan parit berkelok-kelok belum banyak dikenal wisatawan Indonesia. Pelancong dari China sudah terlebih dahulu menginjakkan kakinya di kawasan sunyi, damai di Overijssel nan indah ini.

Eka Tanjung berkesempatan mengunjungi Giethoorn tempat yang indah itu 9 Juli 2015 bersama dua kawan.
Bari Muchtar, penyiar Radio SKS Belanda dan Parlindungan Marpaung, motivator ulung dari Bandung. Bagi Bari, ini adalah kunjungannya ke dua. Pertama2015-07-09 12.56.28 kali pada tahun 2008 bersama Gerda sang istri, mengantar Sri Harsini kawan dari Solo Indonesia yang sedang berkunjung ke Belanda.

Walau demikian lawatan kali ini lebih istimewa bagi Bari karena dia lebih bisa menikmati dan menghargai keindahan alam dan kanal sepanjang 7 km itu. Bari membawa kesan lebih baik lagi dan berjanji pasti akan kembali lagi.

Bagi sang motivator, Parlindungan, ini adalah lawatan pertama. Dia merasa tercengang dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh kawasan yang beda dari yang dia biasa.

Giethoorn terletak di propinsi Overijssel, Timur Laut dari ibukota Amsterdam. Jaraknya sekitar 130 KM dari Amsterdam. Dan  Jarak tempuhnya sekitar 90 menit atau satu setengah jam. Kalau dari Den Haag, jaraknya sekitar 180 KM dengan jarak tempuh sekitar 120 menit.

Transportasi ke Giethoorn
Ke lokasi indah itu bisa dengan berbagai cara. Naik kendaraan pribadi.

Ayu_01_Testi

Mirip Bandung
Setiap kakinya melangkah satu meter, tidak hentinya dia mengatakan bahwa tempat ini sebenarnya mirip dengan lokasi di Bandung, kota tempat tinggalnya. Sama-sama indah, tapi dengan beberapa perbedaan saja. Menurutnya Giethoorn sedikit lebih rapih, bersih dan tempatnya bebas kendaraan bermotor. Kita hanya menemukan sepeda dan perahu air sebagai alat angkut.

“Walaupun menggunakan motor namun nyaris tidak berbunyi. Jadi terasa heningnya dan juga suara burung bisa terdengar dengan jelas.”

2015-07-09 12.56.10

Rindu Kembali
Faktanya memang tidak bisa dipungkiri. Penulis, Bari dan Parlindungan berjalan berbarisan di jalan setapak di sepanjang daerah air yang hijau itu. Keindahannya menyihir kami ke alam khayal masing-masing. Namu2015-07-09 13.51.15n ketika kami sama-sama kelelahan di pertengahan jalan, sejenak bertukar alam angan-angan. Ternyata kita sama-sama rindu untuk bisa kembali ke tempat itu. Dan akan kembali dengan sang buah hati.

Bisa Gratis
Kita tidak perlu keluar uang untuk menikmati Giethoorn. Mobil bisa bebas diparkir tanpa pungutan, tidak ada gerbang masuk tempat membeli karcis. Hanya saja kalau ingin menyewa perahu motor, perlu merogoh kocek antara €15 – 25 per perahu, tergantung jenisnya. Sisanya kami tidak perlu membeli makanan karena sedang berpuasa.

Bawa Pasangan

arief_testimoni_01

“Kami pasti akan kembali ke tempat ini. Dan yang pasti kalau datang lagi, tidak kan sendirian. “

Lokasi ini terlalu romantis untuk disambangi sendirian. Tampaknya kunjungan berikutnya Bari Muchtar, Parlindungan Marpaung maupun penulis akan membawa pasangan masing-masing. Semoga terlaksana, amiin.2015-07-09 13.39.06-1

 

Seperti disampaikan Dr. Suryadi Sunuri di Kompasiana:
Suryadi Sunuri

Serbalanda Tour
Bila kawan yang mukim di Belanda, maupun di Indonesia ingin berkunjung ke Giethoorn, merasakan sentuhan romantis dan keindahannya, Serbalanda Tour siap memfasilitasi lawatan kawan. Tour ke Giethoorn Harga Teman

Giethoorn_02
Harga Bersahabat ke Volendam, Zaanse Schans dan Giethoorn.

Dengan paket, pilihan penginapan, makanan dan transportasi yang paling pas dan murah. Kami memiliki jaringan resmi yang mengutamakan kenyamanan, keamanan dan keramahan.
* Tour Bersahabat ke Tiga Tempat : Giethoorn, Volendam dan Giethoorn

eka_tanjung_2017_kontak

Advertisements