Kiat Menghadapi Pipis Berbayar di Belanda

Posted on Updated on

manneken-pis

Jika kawan sedang liburan musim dingin di Eropa, maka kerinduan akan pipis sangat tinggi. Bentar-bentar mencari toilet. Disebabkan karena kandung kemih yang mengkerut di musim dingin, maka ia ingin segera mengosongkan zat cair yang ditampungnya.

Nah kalau saban setengah jam, clingak clinguk sambil kaki disilang, mencari toilet umum, bisa jadi kantong kita bolong hanya untuk membayar ongkos pipis di WC umum. Enak amaaat si ibu penjaga bisa kaya sambil merenda..

Sebab dengan tarifnya bervariasi dari € 0,40 sampai dengan € 1,- tiap besuknya. Dia bisa berkantong tebal kalau minimal 1000 orang mengunjungi rest roomnya perhari. Contohnya seperti di Zaanse Schans.

Berapa mili liter yang tertuang di pispot itu. Satu tetes atau satu liter, harganya sama saja. Mending sekalian mandi kalee ya..

Kiat mengatasi beser berbayar:
– jangan banyak minum,
– usahakan suhu hangat sekitar selangkangan,
– cari tempat pipis gratis.
+ Perpustakaan,
+ Rumah Sakit,
+ Kantor Polisi,
+ WC Berdiri (Pria),
+ Kafe atau Resto yang baik hati,
+ Ketok Rumah Warga,
+ Alasan ngantar balita yang kebelet
+ Kosongkan Kemih sebelum tinggalkan rumah, hotel, kereta, pesawat.
+ Bawa botol kosong dan isi dengan air keran.

Kalau itu juga tidak bisa dihindari, yah apa boleh buat, terima saja dan nikmati liburan. Anggarkan sekitar € 5,- per hari khusus untuk pipis. Sebab di Belanda cukup banyak WC umum yang lumayan bersih.

Pipis Dapat Duit
Kalau kawan harus ke kamar kecil di tempat wisata seperti Zaanse Schans, biasanya berbayar. Setengah Euro sekali masuk. Memang sulit untuk berhemat kalau urusan pakai toilet. Karena kalau pipis ditahan, bisa menimbulkan penyakit yang lebih parah. Ginjal bisa teriak-teriak kesakitan.

Nah untuk mengantisipasi pengeluaran itu, maka bawalah botol kosong saat masuk toilet. Karena air toilet di Belanda kualitasnya lebih bersih dari air mineral di toko dan supermarket. Sehingga dengan keluar membawa botol ukuran 2 liter yang penuh air minum maka sejatinya sudah mendapatkan keuntungan secara finansial.  Dengan menenteng botol besar seharga Aqua, maka sejatinya kawan sudah memperoleh pendapatan sekitar € 2,- (2,5 euro, harga Aqua – 0,50 euro beaya masuk Toilet)

Selanjutnya sih ENJOY!! Karena musim dingin Eropa terlalu indah untuk dilewatkan.