Liburan Murah di Belanda dan Eropa

Posted on Updated on

Amsterdam_01.jpg

Berlibur ke Eropa merupakan salah satu pengalaman yang diimpikan banyak kawan dari Indonesia. Kiat-kiat menghemat makan, minum, penginapan dan transport. Bahkan ada transport gratis.

Itu semua membuat banyak kawan penasaran dan akhirnya ingin berangkat ke Eropa, walau hanya untuk beberapa hari atau pekan saja. Serbalanda punya kiat-kiat murah berlibur ke Eropa.

Harga-harga di Eropa secara umum lebih mahal dari di Indonesia. Lumrah jika kawan-kawan Indonesia ingin berhemat pengeluaran ketika jalan di Eropa dan teristimewa di Belanda. Kita bisa cermati, masih ada peluang untuk menekan pengeluaran.

Makanan dan Minum
Pilih tempat makan yang murah. Salah satunya adalah Kentang Goreng dengan Saus Kacang. Di Belanda namanya Patat met Pinda Saus. Harganya sekitar € 2,50, sudah bisa kenyang. Selain itu ada Pizza Turki atau di Belanda biasa disebut Turkse Pizza. Harganya sekitar € 2,00 tapi sudah cukup mengenyangkan.

Tips: Menarik bagi kawan yang punya nyali lebih besar dari rata-rata orang Indonesia, bisa membeli nasi berkuah dengan hanya € 2,-. Kalau kawan kebetulan di kawasan China Town, bisa membeli makanan murah.
Sembunyikan Iphone atau barang berharga. Sodorkan uang seadanya. 2 atau 2,5 euro kepada koki yang sedang masak di Resto Cina. Nam Kee atau Fat Kee atau New Town.

Sodorkan uang logam seadanya. Pasang tatapan dan  tampang memelas, kempiskan perut, ulas perut dengan tangan. Katakan “Ik Heb Honger.. Atau Hungry..Hungry.”
Hal itu penulis pernah saksikan beberapa kali di China Town. Pada tuna wisma sering mendapat satu kotak nasi dengan kuah, hanya dengan logam 2 euro di tangan.

Bij de HEMA
Kalau pagi-pagi ingin sarapan murah bisa mencari toko HEMA atau IKEA. Mereka menawarkan promo breakfast atau ontbijt hanya € 2,- sudah komplit. Dua jenis roti, kopi, telur dadar, Orange Jus dan secangkir kopi panas.

Sarapan_HEMA_01.jpg
Sarapan Komplit di HEMA

Air Ledeng
Menghemat minuman dengan membawa botol isi ulang. Bisa dipenuhi air minum. Setiap keran Belanda aman diminum, kecuali ada pengumuman khusus. Upamanya karena sedang ada perbaikan pipa ledeng.

Transportasi Murah
Untuk transportasi di Belanda, ada dua macam. Kendaraan umum dalam kota Amsterdam, Den Haag atau Rotterdam. Lalu ada transportasi antar kota bus atau kereta api. Setiap kota besar seperti Amsterdam menawarkan Day Card. Dengan kartu itu kita bisa berperjalanan selama sehari, dua hari, atau lebih lama lagi. Di Amsterdam namanya GVB Kaart.

Bila kawan ingin bepergian antar kota bisa menggunakan Promo Korting yang sering ditawarkan untuk perjalanan sehari penuh. Dengan harga hanya € 13,95 kawan bisa seharian berperjalanan di Belanda dengan Kereta Api. Silakan mengunjungi website: Tiket Murah Kereta Sayangnya dalam bahasa Belanda. Mintalah tolong Mbak Google.

Jika kawan berperjalanan antar negara Eropa, lebih baik menengok bus-bus trans negara seperti: Flixbus, MEGAbus, IC bus, OUIBUS, Eurolines dll. Mereka menawarkan harga bersahabat, bahkan sangat murah bila sedang berpromo.

Group_NS.jpg.png

Group Tiket
Bagi yang lebih ngulik lagi, bisa berhemat di karcis kereta Api dengan menggunakan Groupsretour (English). Kalau bepergian rame-rame 10 orang dengan kereta api di Belanda, Ticket Retour bisa murah hanya €7,- saja per-orang. Catatan: Grup Ticket hanya bisa dibeli online.
Update: sayang sekali mulai tahun 2017 ini group ticket hanya berlaku untuk perjalanan dari dan ke stasion yang sama. 

SepedaKeretaSepeda
Jika kawan ingin mekan beaya transportasi, bisa juga menggunakan Sepeda di Amsterdam atau kota besar lainnya. Biasanya hanya dengan 15 euro bisa menggunakan sepeda untuk ke mana saja tanpa tergantung pada angkutan umum. Yellow Bike.

Sepeda Lipat Gratis
Bahkan bila ingin lebih murah lagi sebenarnya bisa membawa sepeda lipat. Karena itu bisa ikut masuk kereta atau bis tanpa ada tambahan beaya alias Gratis.

Tiket Masuk
Jika membawa anak-anak usia di bawah 11 tahun atau 18 tahun masuk museum atau atraksi, sering ada harga diskon. Perhatikan seperti di Keukenhof dan Rijksmuseum Amsterdam.

Gratis_Baby_Keukenhof
Harga Tiket Keukenhof Taman Tulip 2017

Bahkan di belakang Stasion Amsterdam ada transportasi Gratis: Feri atau Veerboot 902. Perahu ini bolak-balik tiap 10 menit dari belakang Stasion Amsterdam nyeberang ke Pulau IJ. Anda bisa ikutan warga lokal menumpangi alat angkut gratis.

Veerpont

Penginapan
Setelah berhemat dengan makanan dan transportasi, maka sasaran berikutnya yang bisa diperhatikan adalah pengeluaran untuk penginapan.

Hotel Murah?
Jika mencari hotel atau motel, maka kita biasa menggunakan Bookingdotcom atau Hotelsdotcom. Atau AirBnBdotcom sebagai alternatif lain. Dari sumber itu bisa muncul hotel yang terkesan murah tapi sejatinya bisa menjadi lebih mahal.

Hotel booking online biasanya tidak menghitung pajak wisata atau tourist tax  sekitar € 1 per hari per orang. Pajak itu dibebankan pada kita sebagai tamu dan dibayarkan kepada hotel. Harga tambahan baru terasa ketika kita sampai di hotel.

Selain itu website juga tidak menyebutkan langsung breakfast atau sarapan. Harganya untuk budget sekitar € 7,-. Kenyamanan juga merupakan hal penting saat kita ingin istirahat. Hotel yang disebut murah biasanya berisikan tempat tidur susun sampai 8 orang satu kamar. Kita dicampur dengan orang-orang yang tidak kita kenal. Kadang ada yang kaos kakinya sudah sepekan tidak diganti. Sehingga menebar aroma seperti pabrik Keju.
Atau ada kawan yang mengoperasikan pabrik gergaji pada waktunya kita ingin tidur, alias Ngorok Lu!

Penginapan Serbalanda
Serbalanda sebagai warga Indonesia meluncurkan solusi untuk kawan-kawan dari Indonesia yang mencari penginapan di tempat orang-orang Indonesia yang domisili di Belanda atau negara lain. Sejauh ini sudah ada beberapa tempat di Amsterdam dan juga Utrecht, Den Haag, Almere dan lainnya.

Penginapan Berbahasa Indonesia
Serbalanda menyeleksi tempat yang bersih dan nyaman. Syarat untuk bisa istirahat dengan tenang dan tidak merasa terganggu oleh orang asing. Tuan rumah biasanya berasal juga dari Indonesia dan berbahasa Indonesia. Dengan harga yang bersahabat, dengan sarana free WiFi, mendapat breakfast. Harga tidak akan ditambah dengan hal lain yang tidak disepakati. Sejauh ini sudah banyak yang memanfaatkan fasilitas menginap di Amsterdam, khususnya.

Jasa Wisata Orang Indonesia
Di Belanda ada warga Indonesia yang berbahasa dan budaya Indonesia menawarkan jasa tur ke berbagai tempat. Termasuk di Belgia, Prancis, Swiss, Italy serta Jerman. Nyaman karena tidak perlu sungkan bertanya. Beda jika pengemudinya bule, yang tidak bisa bahasa Indonesia. Waah cape deh! Salah satu jasa wisata orang Indonesia di Belanda adalah Serbalanda Tour. Mereka menawarkan paket tour seperti “Madurodam dan Keukenhof”, “Keukenhof, Zaanse Schans dan Volendam”, “Giethoorn, Zaanse Schans dan Volendam.”

Awal dan Akhir Sama
Berlibur bersama keluarga dengan jumlah 6 sampai 8 orang, ada baiknya menyewa kendaraan dan driver-guide lewat Jasa Tour dan Travel milik orang Indonesia, seperti halnya Serbalanda. Itu bisa menghemat beaya. Dibanding dengan naik kereta dan bus yang harga ticketnya dikali jumlah orang, jatuhnya bisa mahal, secara total. Apalagi dengan barang bawaan yang banyak karena koper sempat beranak sepanjang perjalanan. Koper dan tas sebanyak itu, diangkut-angkut ke halte atau ke setasiun. Di Eropa semua koper harus diangkat dan dimasukkan sendiri ke kereta. Kecuali jika ada orang yang berbaik hati, kalau kebetulan sedang tidak ada yang bantu, maka bisa cilaka. Punggung dan pinggang bisa terbebani dan kaku.

Jika memutuskan mengambil jasa transportasi private overland dengan Van Mercedes Benz Vito lengkap beserta bahan bakar, parkir dan juga toll dan driver -guide maka perjalanan akan lebih nyaman. Biasanya tarifnya perhari sepanjang 10-11 jam perhari. Untuk supaya menghemat maka sarannya: Ambillah Perjalanan dengan Awal dan Akhir di titik yang sama.

Amsterdam-Amsterdam, Paris-Paris, Milan-Milan
Bagi Serbalanda, alangkah baiknya jika perjalanan dimulai dan diakhiri di Airport Amsterdam Schiphol. Kami jemput dan antar ke tempat yang sama. Sehingga kendaraan dan driver kami tidak perlu menempuh perjalan kosong yang dibebankan kepada tamu.

Maksudnya jika, Serbalanda menjemput rombongan 7 orang tamu (contoh) dari Schiphol. Lalu membawa ke Paris, dan melepas rombongan di Paris. Maka durasi perjalanan Van dan Driver kembali ke Amsterdam dibebankan kepada tamu.

Pengeluaran ekstra itu bisa ditekan seandainya mulai wisata dari Amsterdam dan kembali ke Amsterdam lagi. Jadi jam penyewaan kendaraan bisa dimanfaatkan maksimal.

Info penginapan dan tour di Eropa dan pertanyaan lain silakan, hubungi:

eka_tanjung_2017_kontak

Artikel terkait:

Advertisements