Q&A Angkutan Umum di Belanda

OV KaartSerbalanda sering mendapat pertanyaan segala soal Belanda. Dari soal cari penginapan, transportasi, jodoh, sepakbola sampai cari kerja. Di rubrik ini kami tampilkan beberapa pertanyaan dan jawabannya. Semoga berguna!

Rita Gasser (RG) berasal dari Indonesia sekarang berdomisili di Austria. Musim panas 2016 dia bersama suami, berencana liburan ke Belanda. Jauh hari dia mempersiapkan diri agar semua berjalan lancar bin mulus.

Persiapan
Persiapan jauh hari bisa mereduksi kadar keribetan. Dia berrencana naik Kereta Api dari Den Haag ke Rotterdam. Untuk transportasi di ibukota Belanda, Amsterdam mereka akan menggunakan angkutan umum Metro, Bis dan Tram. Seperti dari Damrak ke Leidseplein. Memang sih Belanda, walaupun kecil merupakan place to be, karena tawaran tempat wisata yang menarik. Tempat Wisata Menarik di Belanda.

Tertata Baik
Semua tempat di Belanda bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Infrastruktur angkutan umum Belanda, salah satu yang terbaik di Eropa. Walaupun penduduk Belanda sendiri sering ngedumel bila kereta sesekali terlambat 5 menit. Itu lebih karena orang Belanda sudah termanjakan dengan kehidupan on time. Angkutan umum di negeri Kincir Angin ini sudah tertata dengan baik, pelayanannya angkutan kereta dan bus itu nyaman dan aman di Belanda.

Bagus Tapi Mahal
Pelayanan kelas wahid ada ongkosnya yang dibebankan ke komsumen. Ongkos angkutan umum di Belanda tergolong mahal, dan sistemnya yang tidak langsung bisa dimengerti. Itulah mungkin yang mendasari Rita Gasser mengontak Eka Tanjung dari Serbalanda menanyakan ihwal pembayaran ongkos angkutan umum. Di Belanda kami menyebutnya system OV-chipkaart. Setiap penumpang wajib punya kartu ini sebelum check-in jelang naik kendaraan umum.

Tentu saja Serbalanda di sini bicara soal aturan yang baku, untuk warga yang patuh aturan. Kita tidak bicara soal penumpang gelap yang naik tanpa bayar.

Beli Tiket 
System pembayaran di bis, metro, tram, kereta berjalan secara digital. Penumpang diharapkan sudah memiliki kartu OV. Kartu prabayar ini bisa dibeli di Mesin Tickets NS di setiap stasiun kereta. Warnanya kuning.

OV_karcis
Mesin NS Cembung (Kiri) dan Datar (Kanan.)

Personal vs Anonim.
Kartu OV personal terikat orang yang namanya tertera di sana (lihat gambar). Kartu hanya bisa dipesan online di OV-Chipkaart seharga €7,50. Kartu personal cocok untuk pengguna rutin angkutan umum. Bisa untuk diskon, top-up saldo otomatis, cek history perjalanan dll.

Turis Anonim Aja
Wisatawan sebaiknya menggunakan kartu OV yang anonim. Kartu ini tidak terikat nama, sehingga bisa digunakan atau diwariskan kepada teman yang akan ke Belanda. Kartu berlaku 4 sampai 5 tahun.

  1. Saya ingin bertanya soal system OV-Chipkaart anonim karena kami berencana untuk nanti ke Belanda. Kira2 bagaimana cara kerja OV-Chipkaart anonim ini, karena saya membaca dari internet bahwa untuk bus, trem dan Metro kartu ini harus dgn minimal saldo 4 euro dan untuk kereta 20 euro. (RG)

Serbalanda: Minimal saldo di kartu OV anonim 4 euro angkutan dalam kota dan untuk kereta 20 euro. Nilai itu ditentukan oleh harga jarak terjauh sekali jalan. Ketika penumpang check-in, langsung dicharge maksimal 4 euro atau 20 euro. Jangan lupa nanti check-out lagi jelang turun di tempat tujuan. Sebab uang sisa 4 euro – ongkos sesungguhnya trayek, akan dikembalikan di kartu Anda.

OV-chipkaart-inchecken
Mesin Check-in dan Check-Out

2. Apakah nominal ini akan dikurangi secara otomatis menurut harga dari masing2 alat transportasi, atau bagaimana ya? (RG)

Ketika Anda check-in di bis, saldo akan diambil 4 euro, dan kalau kereta disedot 20 euro dari kartu Anda. Siapkan saldo selalu lebih dari itu kalau mau naik. Jika saldo kurang dari itu,  Anda tidak boleh naik kendaraan umum. Kalau diperiksa kondektur, anda akan diturunkan di stasiun acak. Kalau ngotot akan ditilang. Jadi usahakan cukup saldo.

Nanti ketika Anda turun dari kereta dan check-out, maka system OV akan menghitung berapa ongkos sesungguhnya perjalanan Anda. Mesin moderen itu akan mengembalikan saldo yang masih tersisa dari 20 euro minus tarif sesungguhnya, ke kartu Anda.

3. Dan bagaimana jika misalnya dari Amsterdam Centraal Station kita ke Rotterdam Centraal dgn kereta pulang pergi, apakah nominal 20 euro sudah cukup atau harus diisiulang lagi? Jika banyak tujuan, apakah hanya dengan sekali isi ulang 20 euro dalam kartu ini juga berlaku untuk semua tujuan? (RG)

Jawaban Serbalanda: Minimal saldo € 20 untuk kereta, berlaku SATU kali jalan, one way. Jadi setiap kali Anda hendak berperjalanan kereta, saldo minimal 20 euro. Cara mengecek saldo bisa di mesin Ticket Kuning itu. Awas jangan asal ngecek saldo di mesin Check-in. Karena mesin itu akan menyedot uang anda karena mengira akan naik kendaraan umum.

Contoh Kasus: Anda berencana dari Amsterdam Centraal ke Rotterdam CS.  Saldo di kartu €21.

  1. Ketika Anda check-in di  Amsterdam Centraal mesin akan menyedot € 20 dari kartu Anda. Sebab si mesin belum tahu tujuan perjalanan Anda, kan. Uang di kartu sisa € 1,-
  2. Di stasion Rotterdam CS Anda turun dan menempelkan kartu ke mesin check-out yang di dekat keluar. Si mesin mencatat bahwa Anda berperjalanan senilai € 15,10 (lihat gambar bawah ini.) Uang sisa deposit € 4,90 (20-15,10) dikembalikan ke kartu Anda. Maka di kartu Anda masih ada saldo € 5,90. 
  3. Sorenya ketika Anda mau balik dari Rotterdam ke Amsterdam, saldo harus minimal € 20 lagi. Anda bisa top-up saldo di mesin ticket Kuning yang cembung menerima kartu ATM maestro dan kartu kredit dan uang KOIN. Kalau mesin datar, hanya menerima kartu ATM dan CC. Atau anda juga bisa top-up di loket tapi bayar ekstra, sekitar 50 sen euro per kartu.

 

Schermafdruk 2016-01-31 02.37.48
Contoh : tarif Amsterdam ke Rotterdam

4. Apakah dengan sekali isi ulang ini berlaku hanya untuk sekali perjalanan, atau pulang pergi, ataukah berlaku per hari? Dan bagaimana dengan kami yang tinggal di luar Belanda, apakah kami bebas membeli kartu ini, pada saat tiba nanti atau harus dipesan sebelumnya. (RG)

Jawaban Serbalanda: Untuk hemat waktu, sebaiknya Anda hitung ongkos perjalanan sebelum bergerak. Jika sudah tahu sebelumnya beaya transportasi, Anda bisa mengisi saldo. Umpamanya € 85,- untuk sehari. Perhitungkan juga ongkos naik tram, metro atau bis di kota tunjuan Rotterdam. Serbalanda biasa menggunakan app untuk mengetahui waktu pemberangkatan dan tarifnya lewat 9292.nl

Kartu OV anonim bisa dibeli di mesin kuning setiap stasiun kereta besar dan kecil. Schiphol, Amsterdam Centraal, Diemen Zuid atau di Almere Buiten.

Tips: Aksi Diskon. Untuk berhemat ongkos kendaraan umum di satu negara, jangan lupa minta saran kawan-kawan dari negeri itu. Caranya bisa gabung di Group Facebook untuk mendapatkan Group Ticket!
Terkadang toko-toko lokal Belanda: HEMA, Kruidvat, ETOS, Blokker kerap melakukan promo penjualan murah day card (dag kaart NS). Naik kereta Api bisa keliling Belanda dalam sehari dari € 14 – € 17. Tanyakan untuk lebih jelasnya ke salah satu kawan di Belanda. Mereka bisa ditemui di beberapa group Facebook: “Indonesians Living in Holland”
“Perhimpunan Pelajar Indonesia PPI Belanda.” 

Selamat menikmati liburan yang nyaman dan aman, bila ada pertanyaan silakan dituliskan di kotak komentar di bawah tulisan ini.

Oh ya hampir lupa Serbalanda juga punya tips menarik tentang wisata Belanda lho:


2 thoughts on “Q&A Angkutan Umum di Belanda

    Hubert Gasser said:
    01/02/2016 at 03:18

    Saya Hubert Gasser, suami dari Rita Gasser. Saya punya beberapa pertanyaan soal OV chipkart.
    1. Bagaimana jika contohnya kami naik kereta dari Rotterdam dengan tujuan akhir adalah Steenwijk, tetapi dalam perjalanan menuju stasiun akhir ini kami harus berganti kereta di Zwolle. Apakah ada kewajiban bagi kami juga untuk harus check out di Zwolle atau hanya di stasiun akhir?
    2. Jika kami pergi dengan kereta, contohnya dari Vlissingen ke Groningen bagaimanakah dengan saldo OV-Chipkaart, apakah tetap Euro 20,- juga atau lebih, karena sangat jauh?

      serbalanda responded:
      03/02/2016 at 05:47

      Hallo Salam kenal bung Hubert.
      Bahasa Indonesia Anda baik sekali, gurunya private nya luar biasa. Saya akan coba berikan jawaban.
      1. Kalau Anda harus ganti kereta karena tidak ada sambungan langsung maka tidak perlu keluar dari stasion. Cukup pindah spoor,
      menuju juruan kemudian. Hitungan tetap Rotterdam-Steenwijk.
      2. Kalau saldo Anda hanya 20 euro dan tarif perjalanan adalah 26 euro, konon Anda bisa naik kereta sampai Groningen tidak bisa keluar stasiun. Pintu tidak mau buka, karena saldo Anda minus lebih dari 4 euro. Jalan keluarnya, maka Anda harus top-up saldo minimal 2 euro.
      Semoga jawaban ini cukup memuaskan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s