Transit di Schiphol Amsterdam

Posted on Updated on

Rumah Miring Amsterdam DamrakEka Tanjung dari Serbalanda kerap dapat pertanyaan cara jalan dari Airport Schiphol Amsterdam ke dalam kota Amsterdam. Ingin berfoto di icon “IAMsterdam”, Museumplein, De Dam, Royal Palace, Centraal Station dalam hitungan beberapa jam saja.

Menjalankan kegiatan selfie secara maksimal ketika hanya punya waktu sehari saja, seperti transit untuk melanjutkan perjalanan. Sebagai ibukota Belanda, Amsterdam jadi destinasi menarik wisatawan manca negara.  Jika kawan hanya punya sehari saja menjelajah Amsterdam dan sekitarnya, maka kiat dari Serbalanda ini bisa sangat berguna.

Simpan Koper di Locker
Langkah pertama tentu saja meringankan beban bagasi. Menitipkan bagasi di locker bandar udara Amsterdam, Schiphol. Harga antara €6 – €11,- per 24 jam atau perhari, tergantung ukuran kopernya. Tip: Jangan lupa memotret slip kartunya, mencegah jika bukti hilang, kita masih punya bukti lain.

Apps Bermanfaat
Usahakan pegang smart phone yang bisa berkomunikasi, mengupdate status dan juga bisa cek penerbangan atau jadwal transportasi di Amsterdam. Jadwal transportasi kendaraan umum yang paling populer di Belanda 9292dotnl.

Jadwal Penerbangan
Tentunya rasa asik di Amsterdam tidak boleh membutarkan planning yang sudah ada. Penerbangan selanjutnya tetap harus dijalani. Dan jika kawan ingin memantau penerbangan pesawat ke dan dari Airport Schiphol Amsterdam, gunakan app Schipholdotnl. Usahakan sudah mendownload atau mengunduh apps ini dengan bantuan Free WiFi di Schiphol.

Karcis Public Transport
Setelah koper masuk locker di Schiphol dan punya apps dengan jadwal akurat penerbangan berikutnya. Transportasi untuk jasa perjalanan atau penerbangan dari Schiphol ke bandara lain ke Eropa atau naik kereta Thalys ke Brussel atau Paris.
Sekarang saatnya memilih jenis tiket kereta atau angkutan umum yang diperlukan. Tetapkan berapa lama waktu yang kawan punya untuk jalan-jalan?

Ticket yang Diperlukan
Jika jarak transit maksimal hanya 4 jam, menurut Eka Tanjung dari Serbalanda sebaiknya tidak mengambil resiko untuk pergi ke Amsterdam yang memakan waktu perjalanan lebih dari tiga jam. Jika waktunya minimal 5 jam, maka bisa melakukan perjalanan ke Amsterdam dengan menggunakan kereta dari Stasion Schiphol ke Amsterdam Centraal.

Jam Kereta ke Schiphol
Gunakan situs atau app: 9292.nl dan temukan beberapa informasi kereta yang bisa diambil. Seperti contoh di bawah ini perjalanan dari Airport Schiphol ke Amsterdam Centraal bisa ditempuh dalam 17 menit saja.

Beli Tiket Kereta
Karcis bisa dibeli di mesin penjualan ticket, yang menerima uang logam atau kartu debet ATM. Atau kawan bisa membeli karcis di loket penjualan ticket. Letaknya menempel dengan terminal arrivals dan departure 1 dan 2.

Harga karcis dadakan biasanya ditambah uang administrasi sekitar 1 euro. Jadi kalau di bawah tertera 4,20 euro maka harga yang harus dibayar 4,20 + 1 = 5,20 euro.

Schermafdruk 2017-09-04 09.25.30
Sumber: 9292.nl

Damrak Jalan Utama
Sesampainya di Stasion Amsterdam Centraal, kawan bisa melenggang menuju ke depan menelusuri jalan utama, Damrak. Anda akan merasakan sambutan suasana ibukota Amsterdam yang tidak pernah tidur. Di kanan jalan berjejer restaurant, toko souvenirs, money changers dan berbagai musea, termasuk Museum Sex. Selamat Datang di Amsterdam. Negeri ini berusaha jujur dan terbuka.

Menelusuri Damrak lurus sekitar 900 meter menuju tugu de Dam, Royal Palace, Madame Tussaud di depan Royal Palace.

Damrak_Serbalanda
Kawasan Wisata depan Stasion Amsterdam

Setelah 3 jam mengunjungi tempat-tempat itu, kawan bisa kembali menuju ke bandara Schiphol untuk melanjutkan perjalanan. Usahakan untuk penerbangan inter-continental ke Indonesia atau Asia atau Amerika,  3 jam sebelumnya sudah sampai di bandara.
Jika penerbangan menuju bandara Eropa, bisa datang 90 menit sebelumnya di bandara Schiphol.

Tentu saja, perlu dipahami dengan keterbatasan waktu ini kawan tidak bisa mengunjungi semua tempat yang bagus-bagus di Belanda. Namun demikian cukup mendapat impresi tentang Amsterdam.

eka_tanjung_2017_kontak
Serbalanda Siap Dihubungi

Jika kawan ingin explore tempat-tempat asik Belanda diperlukan waktu lebih lama. Satu atau dua hari, tapi idealnya menurut pengalaman Eka Tanjung yang sudah 30 tahun domisili di Belanda, 3 hari adalah waktu minimal merasakan benar Belanda.

Kawan bisa mengikuti beberapa paket wisata yang murah meriah bergabung dengan orang-orang Indonesia lainnya. Kadang ada juga kawan-kawan dari Malaysia. Dengan panduan Bahasa Indonesia oleh orang Indonesia. Salah satunya adalah Wisata Murah ke Volendam, Zaanse Schans dan Giethoorn.

Tautan menarik tentang Amsterdam dan Belanda:
Penginapan Murah Meriah di Amsterdam.
Transport Murah di Belanda
Tour Tiga Tempat Dengan Harga Sahabat
Wisata ke Rotterdam, Madurodam dan Leiden

LINKS:
Top 40 Tempat Wisata di Belanda
Top 40 Resto Halal di Amsterdam
Top 30 Resto HALAL, Indonesia – Suriname di Belanda
Top 60 Macam Sambal di Belanda
Top 40 Restoran Indonesia di Belanda

Advertisements