Rumah Kubus Rotterdam

rumah_kubus_01Jika ke Rotterdam, kawan wajib ke sana. Salah satu daya tarik kota Pelabuhan adalah de Markthal, istana kuliner dalam gedung megah. Tidak jauh dari tempat makan ini terdapat gedung yang uniek. Rumah Kubus. Arsitek Piet Blom, sampai berminggu-minggu tidak tidur untuk mendapatkan wangsit. Berikut ini temuan Eka Tanjung dari Serbalanda mengenai salah satu icon Rotterdam.

Saksikan de Kijk-Kubus! De kubuswoningen kata orang Belanda mengenai 39 rumah yang berdiri di tiang-tiang beton di Overblaak Rotterdam itu. Karya arsitek Piet Blom.

Dari jauh sudah bisa dikenali bahwa perumahan yang dibangun dari tahun 1978 – 1984 ini memang unique. Kompleks perumahan itu punya multi fungsi.

rumah_kubus_04
Menjadi penyegar dan penceria di lingkungan kaku penuh gedung-gedung  menjenuhkan. Dereta gedung ini menjadi jembatan dari Overblaak menuju Pelabuhan Lama. Oleh sang perancang disebut sebagai Hutan, karena bentuknya menjadi seperti barisan pohon-pohon berwarna Kuning.

Jika kita datang ke sana, bisa menyaksikan suasana santai dan juga banyak info tentang sejarahnya. Bahkan di rumah nomor 70 adalah museum dirancang khusus untuk wisatawan yang ingin melihat dari dalam.

Dengan tiket masuk € 4 anda bisa masuk ke dalam dan menyaksikan interior rata-rata rumah di sana. Meja dan lemari yang disesuikan dengan sudut kemiringan dari dinding. Dapur yang menempel di dinding miring.

Kompleks Kubus ini disebut juga sebagai Hutan Blaak, het Blaakse Bos. Dinding rumah kubus miring ini terbuat dari kayu dan berwarna Kuning. Rumah ini berlantai 3, secara total untuk menjangkau lantai tertinggi adalah 5 tangga.

piet_blom_rumah_kubus
Piet Blom

Menarik menyampaikan sejarah munculnya gagasan rumah miring ini dari kota Helmond. Piet Blom sang arsitek pernah bertutur:

“Ketika kami sedang merayakan karnaval in Helmond. dalam rangka meeting dengan warga mengenai rencana pembangunan perumahan dan pusat budaya. Di sesi tanya jawab, seorang pria pekerja pabrik tekstil berperut buncit khas peminum, berteriak. ‘Mengapa kita tidak dibuatkan di rumah yang mirip pohon, seperti kera aja?’ Saya langsung terinspirasi. Lalu mikir keras sampai tidak bisa tidur selama berminggu-minggu. Bagaimana merealisasikan (rumah pohon red.)” 

Jika kawan berminat untuk pergi ke Rumah Kubus bisa menggunakan kendaraan umum. Lokasi sangat dekat dengan Stasion Kereta dan Metro Blaak. Namun bila kawan tidak banyak waktu dan tertarik mengkombinasi dengan tempat lain wisata seperti de Markthal, Pelabuhan Lama Rotterdam, Madurodam, Royal Delft Blue dan City Hall Delft, Den Haag City , het Binnenhof, Istana Noordeinde. Sebaiknya mengambil paket perjalanan. Seperti yang di bawah ini yang bisa ditempuh sehari: