Koningsdag, Hari Paling Asik di Belanda

koningsdag_1

Koningsdag, Kingday atau Hari Raja sejatinya merupakan acara paling asik di Belanda. Biasanya cuaca bagus dan banyak tontonan. Anda beruntung kalau Senin ini berada di Belanda, bisa menyaksikan tingkah aneh yang jarang Anda saksikan. Hanya hari inilah orang gila tidak kelihatan gila!

Koningsdag
Koningsdag

Mas Erry, salah seorang sepupu akan mendarat di Schiphol pada 27 April 2015 ini, bertepatan dengan hari Raja. Dia sudah rencana ke Belanda, karena tugas kerja kantornya untuk mengikuti training di Amsterdam. Sedianya dia akan sampai Belanda tanggal 28 April, namun karena diberi tahu sehari sebelumnya ada event paling asik, akhirnya dia bisa menggeser datang lebih cepat.

 

 

Seru dan Spektakuler 2015
Penulis akan mengajaknya jalan-jalan menyaksikan hiruk pikuk hari Raja di Belanda. Konon mulai tahun ini suasananya akan dirancang lebih moderen dan spektakuler. Perayaan yang selama Ratu Beatrix banyak melibatkan konser musik klasik, mulai tahun ini akan diganti dengan acara-acara untuk kaum muda. Seperti DJ dan musisi pop. Sudah sejak setahun ini organisasi Oranje Komite di seluruh negeri Belanda berfokus pada regenerasi.
Koningsdag
Jadi sebagian besar penduduk Belanda, termasuk penulis, sangat penasaran ingin melihat pembaharuan dari acara Hari Raja ini. Surprise dan kejutan apa yang akan ditampilkan? Tahun ini bukan saja wisatawan yang akan tercengang dengan pesta 27 April, tapi juga penduduk Belanda sendiri.

Pada hari ulang tahun Raja Willem Alexander ke 48 ini Anda akan menyaksikan keramaian yang luar biasa di semua daerah di Belanda. Sebagian besar penduduk Belanda menjadikan hari ini sebagai kesempatan bisa keluar rumah menikmati cuaca yang mulai panas tahun 2015.

Pada titik-titik tertentu dalam tiap kota, dijadikan kawasan bebas kendaraan. Satu lokasi disediakan zona khusus untuk anak-anak bermain, mengamen Biola, Trompet, Gitar. Di sana hanya anak-anak yang boleh berjualan barang-barang atau mainan lamanya.

Koningsdag, Hari Raja
Koningsdag, Hari Raja

Di lokasi lain dalam kota dibangun panggung besar yang disediakan untuk para artis lokal yang ingin unjuk kebolehan. Keramaian itu main menarik karena penonton bisa menikmati hiburan sambil memegang gelas plastik di tangannya. Hari itu pemerintah Belanda yang terkenal ketat aturan, memberlakukan aturan yang lebih lunak.

Tiap orang, tidak pandang jenis kelamin, usia atau warna kulit bisa ngampar barang dan menjajakan barangnya. Bermacam barang ditawarkan. Ada barang yang masih baru dan ada pula yang second. Jersey olah raga, pakaian dan tas bermerek serta hp atau sepeda. Tahun lalu Eka Tanjung dari Serbalanda membeli sepeda Gazelle keluaran tahun 1965.

Banyak orang yang bertingkah aneh-aneh dan nyeleneh di Hari Raja, hingga orang gila pun akan tersamarkan pada hari itu. (Serbalanda).

Yang pasti Eka Tanjung dari Serbalanda akan menikmati suasana Senin ini.Semoga sepupu menikmati hari Raja di Belanda.