Aturan Covid-19 di Belanda Mulai Longgar [September 2021]

Posted on

Pemerintah Belanda, melonggarkan peraturan terkait Covid-19. Sejak bulan September 2021, pemerintah Negeri van Oranje ini mengembalikan keleluasaan pada masyarakat. Pengumuman yang disampaikan paroh September ini berisikan antara lain, penghapusan aturan jarak 1,5 Meter dan Masker tidak lagi wajib di ruang terbuka. Berikut ini butir-butir penting untuk masyarakat:

Penghapusan jarak 1,5 Meter.
Terhitung mulai Sabtu, 25 September 2021, tidak wajib untuk menjaga jarak 1,5 meter di tempat terbuka maupun di dalam gedung dan kendaraan. Jika kita belanja di supermarket, ke kantor pemerintah dan ke sekolah tidak perlu menjaga jarak. Dengan kata lain maka semua kursi di kendaraan umum bisa dipakai. Tetapi masih wajib mengenakan masker.

Penghapusan Wajib Masker, Kecuali…
Eka Tanjung dari Serbalanda Tour melihat bahwa pemerintah Belanda masih agak ragu untuk menghapuskan wajib masker di kendaraan umum dan Bandara. Di moda transportasi umum masih berlaku aturan itu. Alasannya karena di tranportasi umum, bisa sangat ramai dan berdesakan. Karena napas orang lain, bisa sampai terasa di pundak kita dan kita tidak bisa mengelak Maka itu, ketika di semua tempat sudah bebas masker per 25 September 2021, kecuali di Bandara dan transportasi umum.

Karantina Mandiri dihapus mulai 22 September 2021.
Warga Belanda maupun asing yang tiba di Belanda dari luar negeri, untuk kunjungan keluarga, kuliah atau urusan bisnis, atau pulang ke Belanda tidak perlu lagi menjalani karantina (isolasi mandiri) antara 5-10 hari. Aturan itu berlaku mulai 22 September 2021. Salah seorang tamu Serbalanda yang tiba di Belanda dari Indonesia untuk kunjungan keluarga pada 22 September 2021, tidak perlu lagi menjalani isolasi mandiri. Tentu dengan syarat sudah memiliki bukti vaksinasi atau bukti kesembuhan minimal 14 hari sebelumnya. Dan dengan syarat sudah menjalani pemeriksaan PCR sehari sebelum tiba di Belanda.

Makan di restoran…
Untuk rumah makan yang menyajikan makanan di dalam ruang. Sudah boleh mengisi semua kursi yang tersedia. Namun restoran terkait wajib untuk mengecek, tamu yang makan di dalam restorannya sudah aman dengan divaksin atau sudah ada bukti sembuh. Kewajiban ini tidak berlaku bagi tamu yang take-away.

Demikian amatan Eka Tanjung dari Serbalanda Tour. (Update 25 September 2021)