Wisata Belanda: Rumah Kaisar Peter Agung di Zaandam

Posted on

Zaandam kota wisata berjarak 15 KM dari Amsterdam, menawarkan tempat-tempat wisata yang sangat menarik. Kawan bisa mengunjungi Kincir Angin Zaanse Schans, Rumah Tumpuk dan Rumah Kaisar Peter Agung.

Ketika kawan liburan ke Belanda, jangan lewatkan Zaandam. Di jantung kotanya ada Rumah Tumpuk atau rumah Barbie. Bangunan ini sebenarnya adalah hotel Inntel Hotel. Sang arsitek memilikh konsep menumpuk 70 rumah khas Zaandam menjadi satu gedung megah.

Zaandam Paduan Klasik dan Moderen
Serbalanda tour sering kali membawa tetamu ke Zaandam. Indah sepanjang hari. Siang maupun malam. Bagi yang senang belanja bisa berkunjung ke toko PRIMARK yang terletak persis di depan Rumah Tumpuk. Pemerintah Zaandam tampaknya sudah melakukan pembangunan secara pesat.

Antisipasi Corona
Dalam rangka mengantisipasi pandemi Corona ini pemerintah juga memperhitungkan warga agar menjaga jarak 1,5 meter, sehingga jalan dibagi menjadi dua bagian.
Hanya 100 meter dari lokasi adalah Easy Hotel Zaandam, dan Stasiun Kereta Zaandam Centrum. Stasion ini menghubungkan langsung ke Amsterdam Centrum dan juga stasion kereta Zaanse Schans, bagi yang ingin ke komplek Kincir Angin.

Menikah Gratis di Belanda
Antara Stasion dan Rumah tumpuk kita saksikan Balaikota Zaandam atau Stadshuis dengan bangunan yang selaras dengan paduan moderen dan tradisional. Gedung ini juga dipakai sebagai kantor catatan sipil di Zaandam. Oh ya kalau kawan menikah di hari Senin di Balaikota Belanda, Gratis. Tidak usah bayar.

Di Zaandam juga ada tempat pemberhentian kapal Pariwisata Zaans Ferry. yang menghubungkan Zaandam dengan Zaanse Schans dan Amsterdam Centraal lewat air. Sangat rekomended kalau kawan punya waktu yang cukup banyak di Belanda. Kurang lebih tiga hari.

Rumah Kaisar Peter Agung
Rumah kayu ini sangat bersejarah. Itu adalah rumah persinggahan Kaisar Rusia, Peter Agung di tahun 1697. Seperti tampak pada video di atas itu. Ketika mendekat ke pintu masuk, kita sudah menyaksikan tapak kakli
ukuran hanya 39. Sementara tinggi badannya 2,04 Meter. Selain itu ada banyak lagi info menarik tentang Kaisar Peter. Dia ternyata menyukai masakan Belanda, seperti ikan amis Haring dan keju bau khas Limburg.

Peter the Great datang ke Belanda pada 1697 untuk mempelajari pembuatan kapal kayu. Sebagai seorang yang sangat terkenal dan punya jabatan tinggi, dia sebenarnya ingin kunjungannya ini dirahasiakan. Agar bisa mempelajari dengan baik pembuatan kapal. Setelah melakukan perjalanan dari Sint Petersburg ke Zaandam ia pun tinggal di rumah sederhana milik kenalannya di Zaandam.

Tapi tidak lama dia bisa menyembunyikan statusnya, karena dengan ketinggian 2,04 meter ia sangat mudah dikenali dan harus pindah rumah. Walaupun kunjungan ini bersifat sementara tapi berdampak sangat besar: di abad-abad berikutnya, rumah mungil itu menyedot wisatawan dari berbagai belahan bumi.

Kaisar Napoleon Bonaparte
Sekalibet Kaisar Napoleon Bonaparte dari Prancis yang pada tahun 1811 itu menduduki Belanda. Dalam kunjungan inspeksi ke kawasan jajahan, ia khusus menyempatkan datang ke Zaandam untuk berkunjung ke rumah Kaisar Peter Agung. Napoleon Bonaparte, pernah mengakui bahwa dia adalah pengagum Kaisar Rusia itu. Di salah satu dinding rumah itu Napoleon membubuhkan tanda tangan.

Sekarang ini  tentu saja banyak wisatawan biasa, dari Rusia yang tertarik dengan sejarah bangsa mereka. Kunjungan ini biasanya dikombinasi dengan lawatan ke Zaandam dan kompleks kincir angin Zaanse Schans.

Klik Gambar untuk Pesan WA