Petuah Jack Ma yang Mengena

Posted on Updated on

Jack Ma, pemilik situs jualan online terbesar Alibaba.com. Orang terkaya di China ini punya pandangan dan filosofi menarik untuk meraih sukses dari bawah. Eka Tanjung mendapat pelajaran berguna. Ada satu petuah penting yang membantu #supir #serbalanda bangkit dan kembali bersemangat ketika bingung selepas di PHK dari Radio Nederland (2013).

Dalam kegalauan tanpa pekerjaan tetap dan uang pesangon dari Radio Nederland mulai menipis, #supir banyak membaca dan mencari inspirasi untuk membuka usaha sendiri. Sejatinya pilihan yang terpaksa. Karena tidak ada pengalaman membuka bisnis sendiri.

Apalagi mengingat usia yang sudah dekat 50 tahun, sehingga peluang bersaing di pasar kerja Belanda semakin sempit. Ekonomi Eropa dan belanda di tahun 2013 – 2016 masih lesu. Lebih banyak terdengar orang yang di-PHK daripada yang mendapat pekerjaan baru.

Pemerintah menstimulir kalangan pekerja untuk membuka usaha kecil menengah. Saat itu #supir galau, setelah puluhan surat lamaran dilayangkan ke perusahaan tanpa mendapat hasil yang diharapkan. Kesimpulannya, bagaimanapun juga terletak pada membuka usaha sendiri. Pernah menjajaki bisnis Pemakaman Muslim Belanda, namun ternyata banyak kendala dan dari sisi karakter #supir ini terlalu “sumringah” untuk bisa berempathi dengan keluarga yang berduka.

Arahnya sudah benar karena itu bidang jasa, sektor yang paling cocok dengan karakter mantan wartawan ini. Sementara aktivitas konsultasi pendidikan sepakbola usia dini dan kewartawanan masih tetap jalan, Eka Tanjung terus mencari bentuk lain usaha bidang jasa yang paling tepat.

Wisata

Berbekal delapan buku tentang usaha pariwisata dari Toko Gramedia dan Pasar Palasari di Bandung, Eka Tanjung semakin terpompa adrenaline nya untuk mendalami usaha bidang pariwisata. Sembari melihat syarat dan regulasi di Belanda soal mendirikan usaha kecil menengah, penulis mencari video-video di Youtube tentang inspirasi membuka usaha.

Jack Ma

Banyak masukan menarik, tapi dari sekian banyak yang ditonton ada satu yang menyengat dan mengena. Petuah dari Jack Ma. Boss Alibaba ini mengelompokkan usia dan karakteristiknya. Ungkapannya:
“Memulai usaha di usia antara 40 -50 tahun, jangan memulai sesuatu yang baru, tapi carilah peluang di sektor yang Anda kuasai.”

Pariwisata

Penulis mengartikan kutipan di atas bagi dirinya sendiri yang berusia 47 tahun. Punya kemampuan sebagai penulis blog dan penutur di radio. Selain itu bekal 27 tahun tinggal di Belanda, sehingga punya pengetahuan yang lumayan tentang Belanda. – Tempat-tempat Wisata, Budaya Pikir Belanda, Sepakbola, Karakter Orang Belanda, Sejarah Indonesia dengan Belanda. Rasanya semua mengarah pada dunia jasa, lebih spesifik pariwisata.

Selama bertahun-tahun ini hidup di Belanda, sering sudah mengantar kawan, teman, saudara jalan-jalan atau kondangan ke Volendam, ke Amsterdam, Rotterdam, Den Haag, Brussel, Cologne, Paris dll.

#supir #serbalanda

Ketika regulasi sudah terpenuhi untuk mendirikan badan usaha. Model Bisnis Pariwisata sudah mulai kentara. Ada kendala yaitu, kurang senang mengemudi. Lebih senang bercuap, mungkin kelemahan penulis, tidak bisa multitasking. Mengemudi sambil cerita tentang tempat-tempat sekeliling.

Dengan penuh kesabaran, Eka Tanjung akhirnya bisa mengejar kekurangsukaan mengemudi sambil bertutur. Caranya dengan sering-sering membawa keluarga jalan-jalan ke tempat-tempat baru, sambil memperlakukan seakan istri dan anak-anak sebagai tetamu tour. Mereka bisa memberikan masukan dan pertanyaan. Dengan begitu kemampuan mengemudi dengan bertutur bisa dilatih dengan baik. Supir menjadi makin mahir bercerita dan keluarga juga makin senang karena sering diajak jalan-jalan menjajaki tempat-tempat baru.

Bersyukur

Kesimpulan dari tulisan panjang ini adalah: Supir sangat bersyukur bahwa Tuhan tetap sayang pada sang Supir. Memberi jalan untuk menemukan dunia baru yang menyenangkan. Utamanya cocok dengan karakter dan kemampuan penulis. Dia senang melakukan profesi baru ini, keluarga senang sering diajak jalan-jalan dan tetamu juga senang bisa berwisata menikmati suasana dengan maksimal. Every Body Happy !

Tak Hentinya Aku Bersyukur Atas Nikmat yang Kau Berikan ya Allah.

Note: Penulis adalah mantan penyiar Radio Nederland. Sekarang membuka usaha tour dan travel dengan spesialisasi Belanda dan Eropa.

Advertisements