Kiat Halau Pencuri, Saat Liburan

Posted on

Schermafbeelding 2015-06-09 om 11.16.27Dengan hati sedih, Eka Tanjung dari Serbalanda kerap mendengar kawan-kawan yang rumahnya dibobol maling ketika ditinggal liburan. Di kala rumah disatroni tamu tak diundang, bukan saja harta benda yang raib, tapi juga rasa ternodai karena kemasukan orang tanpa ‘kulo nuwun.’ Dampak psychologisnya bisa lebih besar dan bikin tidak betah. Eka Tanjung menemukan beberapa tips untuk mengurangi kemungkinan kemalingan saat rumah ditinggal.

  1. Usahakan kotak surat jangan sampai penuh. Pasang sticker, menolak folder dan iklan. Minta tetangga yang baik hati sesekali mengosongkan kotak surat.  Wadah surat yang penuh, menandakan sudah lama tidak ada orang di rumah.
  2. Nyalakan lampu dengan menggunakan timer. Pasang timers lampu di berberapa titik dan setel menyala dan matinya di waktu berlainan.
  3. Jika memungkinkan, minta tolong tetangga untuk membuka dan menutup gorden sekali dua hari. Supaya posisi gorden berubah-ubah.
  4. Usahakan ada kendaraan diparkir di depan atau dekat rumah. Kalau tidak ada mobil, bisa juga sepeda.
  5. Kunci jendela atau kosen dengan baik. Penguncian yang baik akan menyulitkan pendongkelan dari luar.
  6. Jauhkan tangga serta perabot pertukangan bertebaran di kebun belakang rumah.
  7. Tutup dan kunci tempat sampah atau kursi yang bisa dipakai manjat.
  8. Jangan sebut “Saya sedang berlibur” di voice mail atau di status FB dll.
  9. Jangan pengumuman di media sosial akan berlibur atau jangan mejeng foto-foto selfie santai di pantai. Lakukan itu jika sudah kembali dari liburan.
  10. Peringatkan anak-anak agar berhati-hati dengan memposting di media sosial. Jangan sampai ada maling yang baca dan merasa mendapat invitation.
  11. Jauhkan barang-barang berharga seperti Laptop, Tablet dari penampakan luar. Pasang TV paling butut, di ruang tamu. Bahkan kalau memungkinan letakkan pampers “kotor” di berbagai sudut rumah.
  12. Tuliskan label koper yang dibawa liburan hanya nama dan nomor HP atau email saja. Jangan tulis alamat di label. Pencuri zaman sekarang juga mencari info di bandara.

Barangkali kawan ada tambahan tips menambah keamanan rumah? Silakan diisikan di kotak komentar.

Links menarik:

Advertisements