Si Haring bin Herring, Ikan Mentah dari Belanda

Posted on Updated on

20170522_143224Belanda sebagai negara kecil di Eropa merupakan tujuan wisata yang menarik dikunjungi. Menawarkan berbagai macam keunikan seperti Giethoorn salah satu dusun terindah di dunia. Makanan Indonesia yang banyak ditemukan setiap jalan. Ada pula hal-hal aneh yang ada di Belanda. Haring atau Herring Ikan Mentah Konsumsi Keseharian orang Belanda.

1. Makan Haring atau Herring. Ikan yang santap mentah dengan taburan irisan bawang bombai dan acar timun. Rasanya lumayan amis, menurut banyak orang.

Ikan kecil sepanjang 10 cm dan lebar 4 cm memiliki nama latin: Clupea Harengus, dia masih saudara dengan sardines yang sangat populer di Belanda. Ikan ini ditangkap di Samudra Atlantik.

Haring_BagusDua Cara
Ada dua cara mengkonsumsi ikan Haring. Orang Belanda makan dalam kondisi utuh tanpa dimasak tapi sudah dibersihkan dari sisik, kepala dan isi perutnya. Ikan Haring memiliki rasa asin karena ikan itu sudah disimpan di tong kayu selama sekitar dua bulan, sebelum dikonsumsi.

Pic: Dewi Helsper
Pic: FB Dewi Helsper: Penulis Novel “Simbok”

Cara kedua adalah dengan mengkonsumsi dalam bentuk irisan sekitar 3×4 cm dengan bantuan tusukan kayu atau plastik. Semakin baik kualitas ikan Haring semakin minim rasa asin dan amisnya.

Ikan Haring paling joss, sebenarnya didapat bukan di tempat-tempat turis ngumpul, tapi di lokasi lain yang justru banyak dikunjungi locals atau penduduk setempat. #serbalanda tahu tempat-tempat menyantap ikan Haring kualitas nomor satu.

Jika kawan ke Belanda, tidak tidak alergi ikan, maka perlu mencobanya. Jangan lupa cuci tangan setelah menyantapnya.

Tautan Menarik:

 

Advertisements