Persiapan Liburan ke Eropa

Posted on Updated on

AdapterPersiapan matang sebelum berlibur, bisa mengurangi stress dan memaksimalkan kenyamanan. Serbalanda menemukan berbagai kiat-kita yang bisa dilakukan.

  1. Cek Paspor

    Tengok masa berlakunya. Yakinkan masa berlakunya masih lebih dari enam bulan. Menurut pengalaman beberapa kawan kalau masa berlaku paspor kurang dari setengah tahun, akan banyak dapat pertanyaan. Beberapa negara memberlakukan aturan batas enam bulan itu dengan ketat.
    Dokumen ini diperlukan untuk melakukan perjalanan antar negara. Sangat penting! Tanpa paspor kita tidak bisa meminta visa untuk negara-negara yang disinggahi.

  2. Minta Visa

    Usahakan agar meminta visa, jauh-jauh hari sebelumnya. Mungkin tiga bulan sebelum perjalanan sudah mengajukan visa. Salah satu negara anggota Schengen. Jangan sampai batal ke Belanda, gara-gara visa ditolak.

  3. Photocopy

    Setelah yakin masa berlaku paspor kita aman, buatkan soft copy nya. Bikin Photocopy, Scan atau di foto dengan HP. Tujuannya supaya kita punya backup berupa kertas, PDF file atau JPG. Bagikan salinan itu kepada orang di rumah, teman seperjalanan atau kirimkan fotonya lewat email. Sehingga copy tersimpan di email box. Apalagi kalau sampai paspor hilang, maka photocopy nya sangat membantu penggantiannya. Salinan itu sangat diperlukan jika paspor kita dicopet.

  4. Pastikan Colokan Listrik

    Colokan listrik di dunia ini belum semuanya seragam. Sebelum menyinggahi negara tujuan, pastikan colokan nya cocok.  Jangan sampai HP kita low-batt hanya karena lupa bawa colokan yang benar. Toko terdekat belum tentu menyediakan peranti yang kita inginkan.
    Kalau Belanda memiliki colokan yang sama dengan kita di Indonesia. Untuk mendapatkan gambaran tentang jenis colokan, ada blognya Anggi Sipahutar.

  5. WiFi dan Pre-Paid Data

    Tetap tersambung dengan internet, bisa Whatsapp, Twitter atau Facebookan sifatnya sudah wajibat atau keharusan.  Jadi kenali sistem dan harga termurah di negara tujuan. Sebelumnya Eka Tanjung dari Serbalanda sudah menuliskan dua artikel mengenai cara mendapatkan akses gratis atau murah internet.
    A. Simcard Pre-Paid untuk HP di Belanda.
    B. WiFi Murah di Eropa

    Di banyak cafe dan toko sudah menyediakan free WiFi. Kadang internet gratis ini punya syaratnya. Menggunakan passwords atau ada syarat ketentuan yang harus diterima, atau syarat “ngelike”  di Page Facebook si restoran.

  6. Pesan Online

    Kenali tempat wisata dan keamanannya. Baca dan cari tempat-tempat yang asik. Jangan lupa untuk melihat hari buka atau jam pertunjukan. Ticket-ticket atraksi seperti Menara Eiffel Paris perlu pesan jauh hari jika tidak senang berdesakan di baris antrian.

  7. Buat Planning

    Setiap wilayah atau negara punya hari nasionalnya sendiri. Cermati apakah hari itu menarik atau justru sebaliknya harus dihindari. Itu tergantung selera. Di Belanda ada tanggal 27 April sebagai Kingsday atau Hari Raja. Pawai dan festival nasional dengan warna nuansa Oranje. Lihat juga jadwal buka Taman Tulip Keukenhof.

  8. Beli Ticket Jauh Hari
    Harga tiket kereta atau bus dari satu kota atau negara ke negara lain dalam Eropa, bisa ditekan jika dipesan jauh hari. Sebagai contoh saja Thalys, kereta cepat yang menghubungkan Amsterdam dengan Paris, dan stasion besar di antaranya.  Harga ticket kereta bisa murah jika dipesan minimal 3 bulan sebelumnya. Inilah tautan ke website Thalys.
  9. Kosongkan Memori HP

    Liburan akan banyak memberikan kesan yang indah. Diproyeksikan dalam gambar jepretan kamera. Dishare dan dibagikan kepada contacts di media sosial. Itu semua sah-sah saja. Untuk menyimpan ratusan atau ribuan foto. Untuk itu pastikan ukuran Giga nya sudah cukup dan foto lama sudah disimpan di tempat lain.

  10. Powerbank dan Charger

    Sepanjang perjalanan diperlukan supply enerji untuk HP yang mencukupi. Agar kawan bisa tetap bisa berinternet dan dihubungi. Siapkan Powerbank menurut kebutuhan. Kalau sering ngedrop perlu membawa powerbank yang kuat.

  11. Apps Penting

    Untuk supaya batre tidak cepat drop, mohon diperhatikan agar smartphone tidak terlalu banyak menggunapan Apps yang aktif terus. Baik kelihatan maupun yang tidak tampak. Buang yang tidak diperlukan. Sebaliknya perlu untuk memasang Apps yang berhubungan dengan perjalanan.

  12. Prediksi Cuaca

    “Waaah Salah Konstum nih.” Itulah ungkapan kawan yang merasa kedinginan atau kepanasan ketika sampai di negara tujuan. Belum tentu salah kawan ini. Bisa jadi memang cuaca di tempat tujuan, berubah drastis. Sebab di Belanda ini kalau musim panas tidak selalu cerah. Kadang mendung atau hujan. Tetap sedia satu baju hangat dan jaket. Tapi kalau tidak sempat bawa dari Indonesia, bisa membeli baju dan perabot di toko ini. Toko-toko Baju Murah di Belanda. Toko Alat-alat Murah di Belanda.

  13. Belajar Menyapa

    Salah satu cara bisa maksimal menikmati liburan adalah berkomunikasi dengan locals. Berkomunikasi butuh bahasa, dan bahasa paling mudah adalah dengan melontarkan sapaan dalam bahasa setempat. Kalau masuk ke Giethoorn bisa menyapa penduduk lokal dengan “Goedemorgen = Selamat Pagi, Goedemiddag=Selamat Siang.”

  14. Kartu Debet atau Credit

    Mencegah agar tidak kecopetan uang kontak yang banyak, sebaiknya membawa kartu kredit atau debet. Usahakan cukup saldo dalam rekening dan juga usahakan sudah dilaporkan ke bank pemilik kartu bahwa bisa mengambil uang dari ATM luar negeri. Agar kunci pengamanan untuk sementara dibuka.

  15. Buat SIM Internasional

    Tidak ada salahnya jika kawan memang punya SIM dan senang mengemudi, untuk membawa Rijbewijs itu selama dalam perjalanan ke luar negeri. Siapa tahu, itu bisa bermanfaat. Ketika harus mengambil alih kendali kemudi karena berbagai alasan. Jadi kalau kawan harus mengemudi, sudah punya driving license  di tangan. Sekarang  ini tersedia cukup banyak rental mobil di terminal kedatangan atau keberangkatan. Station Kereta Api, Airport dll.

  16. Obat

    Kawan yang biasa minum obat, jangan lupa untuk membawa cukup cadangan. Sebab di Belanda atau Eropa secara umum, memiliki jenis obat yang berbeda dengan di Indonesia. Obat yang dijual bebas di Apotheek Belanda sangat terbatas. Jadi usahakan cukup mesiu. Dan kalau untuk kawan wanita kenali siklus dan waktunya. Persiapan apa yang perlu dibawa, agar tidak keteteran saat si dia datang.

  17.  Periksa Ticket

    Jika kawan terbang ke dan di Eropa, jangan lupa mengecek harga tiket dengan maksimal ukuran dan berat koper. Kadang harga yang terkesan murah, jadinya mahal karena masih belum termasuk bagasi.

  18. Tax Refund
    Jangan lupa meminta formulir Tax Refund atau pengembalian pajak  jika kawan belanja barang di atas jumlah tertentu. Untuk info lebih detil bisa menyimak di blog nya Matatita.

    Links menarik:

     

Advertisements