Ratu Belanda, Berpaspor Ganda, ke Indonesia

Posted on

huwelijk-wa-maxima

Eka Tanjung senang membaca berita Ratu Maxima, permaisuri Raja Belanda Willem Alexander berkunjung ke Negeri Tercinta Indonesia.  Lawatan Ratu Maxima ke berbagai proyek finansial dalam kapasitasnya sebagai penasihat khusus Sekjend PBB, menandakan kedekatan Indonesia dengan Belanda. Menariknya Ratu Belanda ini masih memegang paspor Argentina.

Kunjungan dari Selasa 30 Augustus sampai Kamis 1 September di Indonesia akan mengunjungi proyek Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI.) Proyek ini antara lain mencakup pendidikan keuangan bagi masyarakat, pengembangan instrumen hukum dan perlindungan terhadap konsumen.

Selasa 30 Agustus Ratu Máxima akan berpidato di OJK Fintech Conference di Jakarta, konferensi mengenai inovasi teknologi dalam bidang jasa keuangan.

Eka Tanjung dan Serbalanda kurang faham tentang perincian kunjungan ini selain dari yang terbaca di Berita Kerajaan Belanda dan Dinas Penerangan Kerajaan, Rijksvoorlichtingsdienst.

Secara ekonomi kunjungan ini diharapkan membawa dampak positif bagi Indonesia dan Belanda. Sebagai dua negara yang berbagi sejarah panjang maka setiap kunjungan dan lawatan akan membawa kebaikan. Mungkin juga membawa kebaikan bagi Argentina, negara kelahiran sang Ratu.

Maxima akan berbicara dengan wakil lembaga keuangan dunia World Bank Group, IMF dan perwakilan PBB di Indonesia. Selain itu ibu dari tiga putri itu juga akan bertemu langsung dengan pedagang dalam kegiatan mengelola keuangannya. Tidak ketinggalan kunjungan ke sekolah yang terlibat proyek OJK dan Bank Negara Indonesia (BNI) dalam belajar menabung dan pengelolaan.

Tentu saja Ratu Belanda kelahiran Argentina 17 Mei 1971 juga akan bertemu wakil pemerintah Indonesia. Dari kementrian Keuangan, dari Bank Indonesia dan lainnya.

Selanjutnya wanita cerdas bertinggibadan 178 cm itu akan berjumpa lagi dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo. Keduanya sudah pernah berjumpa pada 22 April 2016 ketika Jokowi ke Belanda.

Selanjutnya dicanangkan pertemuan dengan Direktur BI, Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi dan Menteri Perekonomian Darmin Nasution.

Eka Tanjung dari Serbalanda menyambut gembira kunjungan ini karena Ratu Maxima merupakan pengejawantahan dari seorang imigran yang sukses.

Lancara Bahasa Belanda
Kecepatannya menguasai Bahasa Belanda sungguh sangat menakjubkan. Dalam dua tahun dia mampu berbicara bahasa Londo dengan baik. Prestasi yang bisa dicontoh oleh ibu-ibu Indonesia yang berdomisili di Nederland ini.

Raja Belanda Wayang Golek
Hal lain yang membuat Eka Tanjung takjub pada Maxima adalah kecerdasannya. Dia adalah wanita karir yang pandai dan banyak memberikan support dan masukan yang baik bagi suami Raja Willem Alexander. Berkat nasihat Maxima, Pangeran Willem Alexander tidak lagi kaku seperti wayang golek, tapi menjadi manusia yang enak dipandang.

Paspor Ganda
Hal paling penting dari Maxima yang bisa dishare dengan banyak orang adalah statusnya yang berkewarganegaraan ganda. Ia memiliki paspor Argentina dan paspor Belanda. Fakta ini membuktikan bahwa parpor ganda tidak masalah, sekalipun bagi seorang ratu.

Memang publik Belanda juga di awal jelang perkawinan 2002, sempat mempermasalahkan sang ayahnya yang mantan mentri dari diktator Argentina, Videla dan statusnya yang memegang dua paspor. Namun publik akhirnya menerimanya dengan baik karena ternyata Maxima banyak membawa kebaikan bagi Belanda dan Argentina.

Begitu halnya bagi orang Indonesia di luar, kalau dia bermanfaat untuk kepentingan Indonesia apa salahnya untuk dimungkinkan mempertahankan paspor Indonesia selain pasport di negara tinggalnya?

Advertisements