Whistory, Wisata Sejarah

Posted on Updated on

2016-03-31 12.02.45
Aneka Donnuts di Markthal Rotterdam

 

Belanda dan Indonesia berbagi sejarah panjang. Di negeri Kumpeni ini terdapat banyak jejak masa lalu yang berkaitan dengan Nusantara. Serbalanda menawarkan Wisata Sejarah atau Whistory, ke tempat-tempat menarik di Den Haag, Leiden, Rotterdam. Harga € 80,- per orang.

  • Madurodam, Den Haag (Ticket Include)

  • Peace Palace (Istana Perdamaian) Den Haag

  • Binnenhof (Parlemen Belanda) Den Haag

  • Markthal Rotterdam

  • Cube Houses (Rumah Kubus) Rotterdam

  • Pelabuhan Lama Rotterdam

  • “Serat Kalathida 7” Ronggowarsito di Tembok Leiden

  • “Aku” Chairil Anwar di Tembok Leiden

  • Rumah Snouck Hurgronje Leiden

Mahkamah Internasional Den Haag
Istana Perdamaian Den Haag

Madurodam adalah taman mininya belanda dengan miniatur semua gedung penting dan bersejarah yang ada di Negeri Kincir Angin. Dari miniatur Bandara Schiphol sampai dengan Menara Dome di Utrecht tergambar jelas. Madurodam memberikan gambaran nyata tentang negeri ini. Serbalanda sebenarnya ingin menganjurkan semua wisatawan untuk mengunjungi Madurodam di awal lawatan.

12301535_10207988402258077_3379257238369535106_n
Madurodam Den Haag

Setelah mendapatkan gambaran bisa menentukan tempat dan gedung yang ingin dikunjungi. Gedung Istana Perdamaian dalam bentuk kecil dan wisata ini akan melanjutkan ke gedung aslinya yang terletak hanya 3 km dari Madurodam.

 

Gedung Parlemen Belanda di Binnenhof merupakan bangunan penting yang ada di Belanda. Sampai hari ini disetiap hari Selasa ke-3 di bulan September berlangsung parade Kereta Kencana di depan Bangsal Bangsawan, de Ridderzaal. Raja Willem Alexander berkendaraan Kereta Kencana dibangun dari hasil bumi Nusantara. Setelah itu ia akan menyampaikan pidato dan RAPBN Belanda.

Markthal di Rotterdam merupakan istana Pujasera terbesar di Belanda. Dengan aneka macam kuliner dari  berbagai belahan bumi. Kesempatan mencicipi segala jenis panganan. Bukan saja makanannya yang menarik, tetapi juga gedungnya yang luar biasa besar dengan arsitektur yang menarik.

Markthal
Markthal, Istana Kuliner

De Erasmusbrug di Rotterdam merupakan sebuah simbol kota pelabuhan Rotterdam. Sekaligus menjadi penghubung antar dua daratan yang dibelah sungai Maas, yaitu Dalam Kota Rotterdam dengan Kop van Zuid, kawasan moderen.

Kota Leiden identik dengan jejak Indonesia. Pusat arsip Belanda dan Hindia Belanda disimpan dengan baik di kota ini. Penampungan arsip Universitas Leiden berhasil menjadikan dirinya tabung penyimpanan arsip tulisan bersejarah tentang Hindia Belanda.

Secara gedung dan pemandangan, di kota ini ada tiga tempat lain yang menarik untuk disambangi dalam tour sejarah.

Snouck
Rumah Snouck Hurgronje Leiden

Kita berkesempatan mendatangi rumah megah kediaman terakhir Christiaan Snouck Hurgronje di Rapenburg 61 Leiden. Profesor ahli Islam dan Aceh itu terkenal dengan perannya dalam menaklukan Aceh di akhir abad 19.

Ranggawarsita
Serat Kalathida 7 Ranggawarsita Leiden

Last but not least, dua sajak pujangga Indonesia. Serat Kalathida 7 karya Ranggawarsita mendapat tempat di salah satu tembok kota.

Tidak jauh dari sana ada “Aku” karya Chairil Anwar yang juga diproyeksikan pada salah satu tembok. Penghargaan bagi orang Indonesia.

Mengapa Serbalanda?

  • Kendaraan Full Airco dan Comfortable.
  • Kenal lokasi selfie paling pas.
  • Incl. WiFi di mobil
  • Incl. Air Mineral.
  • Incl. Ticket Masuk Madurodam.
  • Excl. Makan Siang
  • Harga bersahabat (€ 70 per orang).

 

 

 

Catatan untuk Whistory:
Syarat dan Ketentuan berlaku, minimal jumlah peserta 6 orang.

20160824_143148

Kunjungan sehari ini akan terabadikan dalam benak dan SmatPhone Anda. Bisa langsung diupload dishared ke MedSos, karena Serbalanda menyediakan sarana free WiFi.

Free_WiFi

Wisata sehari ini cocok dikombinasi dengan: TTT4 (Volendam, Zaanse Schans dan Giethoorn) serta Wisata Agro+  pada hari lain.

Info tanggal dan keberangkatan hubungi:

Eka_Tanjung_Kontak_600
Tanjung Kontak
Advertisements