Schiphol Ulang Tahun Satu Abad

Posted on

SchipholTahun 2016 ini airport Schiphol Amsterdam tepat berusia 100 tahun. Pesta yang dirayakan dengan meriah. Dengan pameran online maupun pameran di museum.

Bila kawan berada di Schiphol, bandara terbesar Belanda yang terletak tidak jauh dari Amsterdam itu akan menyaksikan tanda-tanda bahwa tempat itu sedang merayakan ulang tahun.

Selain umbul-umbul bertuliskan 100 tahun Schiphol, anda juga bisa menyaksikan pameran onlineschiphol100jaar.nl

Sebagai warga Indonesia yang sudah 30 tahun domisili di Belanda, tentu saja Serbalanda ingin tahu kaitannya dengan Indonesia.

Selama 100 tahun ini apakah ada jejak atau penerbangan yang berkaitan dengan Indonesia, atau Hindia Belanda?

Schiphol-Batavia
Pesawat pertama yang tinggal landas dari Schiphol menuju Batavia terjadi pada  1 Oktober 1924.  Sebuah penerbangan yang berat, sampai 19 kali mengadakan pendaratan darurat antara lain di Bulgaria. Membawa tiga orang pilot akhirnya Fokker F.VII sampai di Jakarta setelah 55 hari kemudian. Pesawat Fokker adalah produksi Belanda sendiri. Hampir dua bulan di perjalanan, pernerbangan uji coba ini dipandang sebagai sebuah sukses.

Hatta_01
Muhammad Hatta kembali dari Schiphol ke Jakarta (1949)

25 tahun setelah penerbangan perdana ke Batavia, disusul peristiwa bersejarah dalam kaitannya dengan kemerdekaan Indonesia. Muhammad Hatta, wakil tertinggi pemerintahan Indonesia menunggangi pesawat menuju Schiphol untuk menghadiri Konferensi Meja Bundar di Den Haag.

Mohammad Hatta
Perjanjian penyerahan kekuasaan dari Pemerintah Belanda ke Pemerintah Indonesia merupakan tonggak sejarah Indonesia. Schiphol sebagai landasan udara, berperan penting dalam pencapaian sejarah itu.

Eka Tanjung dari Serbalanda menilai bahwa, bila kawan ingin menyaksikan lebih jauh tentang pameran online, saksikan di sini. Mereka mengerahkan arsip dari berbagai pihak antara lain dari  pusat arsip Schiphol sendiri, Pusat Arsip Kota Amsterdam, het Amsterdam Museum dan het Stedelijk Museum Amsterdam.

Bahkan, admin website ini membuka peluang kepada warga yang masih menyimpan foto atau video bersejarah Schiphol bisa digabungkan dalam koleksi itu.
Serbalanda Tour menemukan hari yang menarik. Mulai 19 Mei 2016 digelar pameran foto sejarah Schiphol, yang dipertontonkan di berbagai perusahaan di airport Amsterdam itu. Pameran dimulai dari Sheraton hotel yang terletak di depan bandara. Bulan November pameran akan berpindah ke dinding gang World Trade Center (WTC) Schiphol. Bagi yang meminati foto bisa membelinya, dan hasil penjualan akan dihibahkan untuk Unicef, dana anak PBB.

Schiphol dan Sport
Pada 11 Juni 2016, berlangsung pengumuman pemenang donasi khusus Dana Hibah Schiphol. Khusus di usia ke seratus pada 2016 ini Schiphol menyiapkan € 100.000 atau sekitar 1,5 M rupiah kepada para olah ragawan dan wati cilik untuk meraih impiannya. Para remaja diminta menuliskan impiannya dan peranti olah raga apa yang dibutuhkan oleh klubnya. Bisa klub sepakbola, basket, hockey atau lainnya. Serbalanda dan Sepakbolanda mengapresiasi perhatian Schiphol terhadap olah raga.

Mulai 15 Septermber 2016, Amsterdam Museum membuka diri untuk pameran besar-besaran di Klaverstraat 92 Amsterdam. Pameran akan dibuka langsung oleh Walikota Eberhard van der Laan. Dengan gambar, suara dan video melukiskan perkembangan bandara sepanjang 100 tahun. Pameran menarik bagi tua dan muda. Buka 16 September dan tutup 7 Mei 2017.

Hari Ultah Schiphol
Tepat 19 September 2016 ini Schiphol merayakan hari ulang tahunnya ke 100. Airport Amsterdam ini sudah merencanakan berbagai aktivitas pada hari itu. Pihak Schiphol tidak menyebutkan acaranya,

“Pokoknya Surprise Aza, Kami masih merahasiakan. Pastinya pesta yang seruh!!”

Advertisements