Joged Boleh, Tapi Jangan Lupa Indonesia!

Posted on Updated on

PestaRakyat02Serbalanda cinta abis Indonesia. Menyayangkan tidak semua acara hiburan Indonesia di Belanda membawa misi perbaikan Ibu Pertiwi.

Tiada satu negara di muka bumi ini yang mengalahkan gelora cinta di kalbu. Tempat pertama menangis gembira saat dilahirkan, menghirup oksigen dan meneguk ASI lokal.

Tetap Melekat

Setelah berpuluh tahun berdomisili di luar negeri, rasa cinta pada Indonesia tetap melekat dan tidak pernah hilang. Malah sebaliknya.. mungkin penyakit tiap pengembara ya?
Setiap hela nafas teringat pada Pantai Belitung tempat aku dilahirkan. Sendang Sumber Air di bawah pohon beringin di Gunung Kemukus, tempat aku meneguk air mentah yang jernih dari tempurung kelapa menghapus terik dahaga. Riak air sungai Cianjur dan Cisadane, selalu mengiang bak symphony gubahan Andre Rieu.

Sering Kecewa

Dalam mengikuti kegiatan masyarakat dan hiburan nuansa Indonesia di Belanda ini, penulis sering kecewa. Rencana pagelaran acara hiburan sudah bisa dibaca beberapa bulan sebelumnya. Pesta Rakyat, TTF (de Tong Tong Fair), Pasar Malam, Indo Avond, Dansavond, Poco-poco maupun Dangdutan diumumkan di media sosial Facebook maupun lainya. Eka Tanjung dari Serbalanda selalu bertanya-tanya, apa kira-kira manfaat dari acara itu buat Indonesia?

  • Apakah acara ini hanya sekedar musik dan joged saja?
  • Apakah misi perbaikan bagi lingkungan maupun Ibu Pertiwi?

Serbalanda senang mendapati dua contoh acara ke Indonesiaan bulan Februari ini di Almere Belanda. Rasanya terharu dan ingin mendukungnya, minimal dengan publikasi dan promo.

2014-08-302b20-03-24Miss dan Mister Indonesisch & Pesta Imlek Almere
Keduanya digelar di kota Almere, baik Miss dan Mister Indonesisch (MMI) dan Pesta Imlek Almere (PIA.) Sangat mengagumkan karena membawa misi sosial yang bermuara pada perbaikan di Indonesia.

MMI yang digagas oleh Avi Fennema-Widjojoatmodjo mengedepankan ikatan budaya Indonesia dengan Belanda. Merangsang generasi muda campuran di Belanda untuk mencintai budaya Indonesia. Pagelaran tahunan sejak 2010, kecuali 2015, mendukung pendidikan anak-anak kurang mampu di Malang. MMI tahun 2016 digelar di Almere 6 Februari 2016.

Cinta Indonesia
Satu lagi kegiatan hiburan yang juga mengagumkan adalah Pesta Imlek 2016 di TMG Almere, dimulai 13 Februari 2016 malam hari dan ditutup pukul 1.00 dini hari 14 Februari 2016 hari Kasih Sayang.

Malam marak yang diisi hiburan, musik, tari, dansa dan kuliner ini dihadiri ratusan publik yang memiliki ikatan dengan Indonesia. Mereka datang dari berbagai wilayah di Belanda.

12495167_10153856455813416_2871108545584476854_nPohon Rantau
Acara temu kangen yang penuh keceriaan, menghadirkan musisi kawakan Ferry Kusuma & Friends ini tidak melupakan aspek sosial. Penyelenggara peka perkembangan yang ada di Indonesia. Dengan ketulusan panitia acara itu menyatakan dukungan pada program Pohon Rantau yang diluncur Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI) bersama GIF.

Adopsi 10 Pohon

Eka Tanjung menyambut gembira keputusan panitia PIA yang langsung mengadopsi 10 pohon sebagai ungkapan cinta pada Ibu Pertiwi Indonesia.

“Kami adopsi 10 pohon dulu Eka, nanti kita promokan juga kepada pengunjung Pesta Tahun Baru Imlek 2016. Semoga makin banyak yang mendukung program bagus ini,” ungkap panitian seraya menyerahkan beberapa lembar uang euro.

Eka Tanjung langsung membayangkan bukit gundul di Pacet Cianjur akan menjadi hijau dengan pohon buah: Jengkol, Petai, Sirsak, Alpuket dan Nangka. Penduduk akan hidup lebih sehat dengat oksigen yang ditebar pohon itu di siang hari.

Dua kasus di atas itu membuktikan bahwaSchermafdruk 2016-01-09 01.09.35 kegiatan malam kumpulan dan malam budaya Indonesia, BISA membawa berkah walau sedikit, demi kebaikan Ibu Pertiwi.

Imbauan kepada kawan-kawan yang sering menggelar acara dangdutan dan joged di Belanda, mari kita memberi sedikit rezeki buat tanah yang pernah memberimu hidup, membawamu menjadi seperti sekarang ini.

Kalau penulis sudah minum dari sumber air di bumi Gunung Kemukus, menghirup udara segar dari dedaunan di Pantai Belitung, menyedot ASI dari Tempe Sumberlawang maka sudah sewajarnya diri ini membalas dengan menanam minimal satu batang pohon Jengkol.

Advertisements