Nyebur di Laut Utara, Tradisi Belanda

Posted on Updated on

nieuwjaarsduik-scheveningen-2016_11577

Ritual penduduk Belanda pada 1 Januari adalah tidur lelap sampai siang hari. Usai begadang merayakan tahun baru sampai pagi, mereka pun tepar kelelahan. Meninggalkan ruang tamu berantakan sisa-sisa perayaan ‘heboh’ malam tahun baru. Namun demikian ada puluhan ribu yang pagi-pagi nyebur ke laut.

Puluhan ribu rakyat negeri tepi Laut Utara itu menceburkan diri di air laut atau danau yang super dingin. Di Belanda namanya Nieuwjaarsduik. Aksi massal yang berlangsung di berbagai pantai itu diyakini sebagai tradisi buang sial. Dan membuka lembaran baru di tahun baru.

Nieuwjaarsduik, tradisi buang sial dan membuka lembaran baru.

Adam Putra
Bagi kawan dari Indonesia, mungkin ini sebuah tantangan yang ‘kelewatan’ karena suhu yang ekstrim. Namun demikian Adam Putra, bakat sepakbola Indonesia yang bermain kompetisi Belanda ingin melakukan nyebur di Laut Utara pada tanggal 1 Januari 2016 ini.

2016-01-01 10.37.49
Aslam dan Adam Siap Nyebur

“Adam ingin mencoba tradisi Belanda ini oom, membuka tahun dengan harapan lebih baik. Dan semoga cita-cita Adam jadi pemain sepakbola beriman bisa makin terrealisasi,” ungkapnya kepada Serbalanda.

Setiap tanggal 1 Januari tergolong puncak musim dingin. Suhu udara bisa ngedrop sampai -2 derajat Celsius atau bahkan lebih rendah kalau angin laut bertiup kencang.

Ribuan orang Belanda dan wisatawan Eropa berbondong melakukan duik ini. Ada yang datang dari Afrika, Amerika dan juga dari Asia.

Aksi cebur ramai-ramai itu sejatinya bukan saja dilakukan di pantai Scheveningen saja. Di tempat lain seperti di pantai Zandvoort, Haarlem, Almere Haven dan lainnya juga digelar acara itu pada awal tahun.

2016-01-01 13.03.47

Sponsor
Unox, anak perusahaan Unilever menjadi sponsor hampir semua acara nyebur massal 1 Januari di Belanda. Ratusan personil untuk mengorganisir 10 ribu peserta. Unox yang dikenal punya produk sop instan dan sosis itu membagikan Kupluk Oranje, Lencana Kenangan, Sok Satu Kaleng, Cream Vaseline 10 ribu peserta.
Unox Muts
Sop Khas Belanda
Dan peserta juga akan mendapatkan satu kaleng Erwtensoep (Sop Kacang) khas Belanda. Namun mohon diperhatikan, karena biasanya berisi sosis dari daging Babi.

Acara nyemplung massal berlangsung tepat waktu. Pukul 12.00 teng 1 Januari. Pendaftaran mulai pukul 10.30 dan pukul 11.45 mulai dengan warming-up. Lokasi dekat pier pantai Scheveningen.

Serbalanda, siap mengorganisir perjalanan wisata event locals seperti Nieuwjaarsduik ini. Jika kawan berminat, silakan hubungi kami.

Eka_Tanjung_Kontak_600
Kontak Serbalanda
Advertisements