Wisata Pendidikan: Sukses Memfasilitasi Kerjasama Perguruan Tinggi

Posted on

2015-10-12 16.22.11Serbalanda dipercaya memfasilitasi delegasi STAIN Kudus melakukan kunjungan Akademik ke berbagai universitas di Belanda. Tiga hari yang sangat konstruktrif dan berisi.

Rombongan terdiri dari 5 dosen dan satu wakil dekan mengunjungi Universitas Leiden, Univeritas Utrecht dan Universitas Islam Eropa. (Islamic University of Europe) di Rotterdam.

2015-10-11 15.26.05SERBALANDA dengan bangga melihat lawatan ini sebagai salah satu langkah sukses menuju perbaikan pendidikan Indonesia.

Universitas Leiden dikenal memiliki Kajian Khusus Indonesia. Dan tentunya sejak beberapa tahun mereka menjadi pengelola tunggal semua arsip dan transkrip kuno yang tidak ada di Indonesia dan tempat lain.

Para ilmuwan dan sejarawan menjadikan Arsip Kuno di Leiden ini sebagai referensi penting dalam melakukan penelitian. Kalau bicara sejarah Indonesia, belum lengkap tanpa kunjungan ke Leiden.

Naskah dan transkrip asli banyak tersimpan di sini. Zaman pra sejarah sampai moder Indonesia. Bahkan delegasi dari Kudus itu terkagum dengan penyimpanan arsip Mesjid Demak.

2015-10-11 14.43.50Di Utrecht melihat penataan dan layanan terbaik online bagi para mahasiswa. Bahkan untuk publik umum. Siapapun yang berada di lokasi kampus, bisa dengan mudah mengakses Free WiFi. Baik di dalam maupun di luar gedung kompleks De Uithof.

Bisa dibayangkan rombongan dari Kudus ini berlama-lama di pelataran Bestuursgebouw untuk mengupdate status dan mengabari keluarga di kampung halaman.

Pada hari ke tiga kunjungan, SERBALANDA juga memfasilitas pertemuan rombongan dipimpin Dr. Saekhan itu dengan perwakilan Islamic University of Europe. Draft MoU yang sudah dirancang dan dipersiapkan dengan matang, bisa ditandatangani saat kunjungan itu.

2015-10-11 11.58.52Inti kerjasama adalah berbagi informasi pendidikan. Pertukaran staf pengajar, umpamannya untuk satu smester merupakan substansi dari kerjasama ini.

SERBALANDA dengan segala kerendahan hati, bersyukur mampu menjalankan misi sebagai fasilitator dan penunjuk jalan demi perbaikan hubungan kedua negara.

“Inilah sebenarnya inti kunjungan kami selama dua pekan ke Eropa dan Timur Tengah. Untung ada Pak Eka yang bisa memfasilitasi kunjungan dan kerjasama dengan Universitas-universitas,” ungkap Dr. Saekhan dalam perjalanan menuju bandara Schiphol.

Jika instansi atau perguruan tinggi kawan berrencana menjalin kerjasama atau lawatan ke Eropa, jangan segan menghubungi SERBALANDA.

Tanjung Kontak
Tanjung Kontak
Advertisements