Mungkin Ini Facebooker Tertua Indonesia

Posted on Updated on

Lansia ini mungkin berhak masuk daftar MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia), sebagai orang Indonesia tertua yang rutin aktif di Facebook. Bi Etty yang tahun ini berusia 88 tahun masih aktif minimal dua jam sehari. Usianya lebih tua dari Persib Bandung.

Namanya Gartila Toeriresmi, berasal dari Jawa Barat kelahiran 1 November 1927. Dia pindah ke Rotterdam Belanda ikut suami di tahun 1950an. Almarhum suaminya, pria keturunan Suriname bernama Henk Tjen A Kwoei yang berprofesi sebagai guru.

Dia mulai punya akun Facebook sejak dikunjungi seorang keponakan dari Indonesia, empat tahun lalu. Keponakan inilah yang membuatkan akun Bi Etty di Facebook. Sejak itu pensiunan staf perpustakaan ini menghabiskan minimal dua jam sehari hanya untuk Facebook saja.  “Selain Facebookan, saya juga masih tulis email dan mengisi administrasi,” kata wanita beranak tiga itu.

Ganti Telepon
Bi Etty saat berita ini diturunkan April 2015, sudah punya kontak 450an orang, kebanyakan keluarganya di Indonesia. “Saya jadi bisa berhubungan dengan keponakan, cucu-cucu dan juga buyut.”  Etty merasa Facebook bisa menggantikan peran telefon dan mendekatkan keluarga besar yang terpisah antar benua. “Bagi saya Facebook ini seperti telepon dan email, malahan lebih bagus karena kita bisa membaca kembali bersama-sama, melihat foto dan pesannya tidak terbuang.”
Bi Etty Facebook
Bi Etty Facebook


Guru Sejarah

Selain kontak dengan keluarga keluarga, lansia kelahiran 1 November 1927 itu juga punya friends dari kalangan guru sejarah di Indonesia. Dengan usianya yang sudah lanjut, ia bisa menjadi sumber informasi tentang Bandung masa silam dan juga hubungan Belanda-Indonesia. Cocok sekali karena wanita yang masih tajam ingatan ini, adalah mantan dokumentalis di Perpustakaan Belanda.

Kesehariannya wanita yang masih senang berbahasa Sunda itu, aktif juga di lingkungannya di kota Rotterdam. Ia kerap kali diundang oleh kota praja Rottedam, dalam kegiatan masyarakat sebagai inspirator bagi anak-anak muda. Wanita yang sudah beruban rata itu, berslogan tidak ada kata “terlalu” tua untuk belajar. Aktisnya di Facebook merupakan bukti dari keuletannya mengenal teknologi baru dan Media Social.

Persib Kalah
Bi Etty menyadari bahwa ia merupakan kelompok langka untuk orang Indonesia yang aktif di Facebook. Tidak heran ketika salah seorang kontaknya terkejut melihat usianya, dan membandingkan dengan klub sepakbola ternama Bandung, Persib yang berdiri tahun 1933. “Aduh ibu, ternyata lebih tua dari Persib,” katanya menirukan tulisan di dindingnya.
Eka Tanjung dari Serbalanda  belum pernah mendengar ada sosok Indonesia di atas 88 tahun yang masih aktif lebih dari dua jam di Facebook. Jika ini demikian maka sudah selayaknya Gartila Toeriresmi masul catatat MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai orang tertua asal Indonesia yang aktif di Facebook. Semoga Bi Etty bisa terus dan lama menikmati media social dan berbagi pengalaman lewat Facebook.
Advertisements