Cara Mudah dan Gratis ke Belanda

Posted on Updated on

Aslam Volendam 03
Banyak cara untuk bisa pergi ke luar negeri seperti ke Eropa, Amerika dan lainnya. Menjadi wisatawan, atau lewat perkawinan dengan orang asing atau dengan mencari beasiswa. Eka Tanjung dari Serbalanda melihat berbagai kasus untuk bisa datang ke Belanda.

Wisata
Paling mudah untuk bisa ke luar negeri adalah dengan cara berangkat sebagai wisatawan atau turis. Pergi jalan-jalan ke Kuala Lumpur, Hong Kong, ke Belanda dan Prancis bisa dilakukan sebagai turis. Namun karena beayanya tidak murah maka tidak bisa ditempuh dengan dompet yang pas-pasan. Selain itu visa sebagai wisatawan hanya berlaku sampai beberapa bulan saja. Untuk Uni Eropa, standar visa adalah 2 bulan. Selain itu masih ada variasi lainnya, sampai 90 hari.

Perkenalan Antar Bangsa

Di era digital internet ini memungkinkan perkenalan orang dari belahan lain bumi. Hampir semua tempat di dunia ini bisa saling berhubungan, dengan berbagai cara. Ketersambungan ini memperluas jelajah perkenalan kita dengan bangsa lain. Persahabatan antar manusia yang dahulu terjalin dengan cara bertemu fisik dan telefoon serta sms, sekarang dijalin lewat berbagai teknologi komunikasi: LINE, Whatsapp, BB, Facebook Chat, Skype dll. Untuk bisa berkomunikasi dengan biak, diperlukan penguasaan bahasa yang baik pula. Biasanya bahasa yang lumrah untuk komunikasi adalah Bahasa Inggris.

Baca Juga: Ku Gali Liang Kuburku Sendiri di Belanda

Sebagai saran tambahan kepada Kawan yang ingin membuka wawasan dan berkenalan dengan orang asing, tentu saja perlu penguasaan bahasa Internasional. Yaitu Bahasa Inggris, sehingga peluang mendapatkan ‘keuntungan’ dari kemampuan bahasa ini akan lebih besar juga. Termasuk jika ingin mendapatkan pasangan.

Pernikahan

Perkenalan bisa berlanjut pada jenjang pernikahan. Perkawinan menuju ke kebersamaan dan pasangan bisa melanjutkan kehidupan bahtera rumah tangganya di luar negeri. Eka Tanjung menemui banyak rekan Indonesia yang datang ke Belanda karena pernikahan. Untuk berkumpul dengan suami atau istri, si WNI akan mendapatkan visa tinggal yang disebut MVV (Machtiging Voorlopig Verblijf.) Izin tinggal sementara ini memungkinan untuk datang dan berdomisili di Belanda. Info Mendapatkan MVV Belanda.

Vlog Ika: Pengalaman ke Belanda karena partner.

Pernikahan Sejenis
Menarik untuk menyampaikan di sini bahwa Belanda mengakui pernikahan antar semua jenis. Bukan saja antara pasangan lawan jenis (hetero), tetapi juga pasangan sejenis (homo). Pria dengan Pria dan Wanita dengan Wanita. Hambatan persyaratan terletak bukan di Belanda tetapi di Indonesia. Negeri kita belum mengakui pernihakan sejenis.

Samenleven
Undang-undang Belanda, mengakui samen leven atau kumpul kebo berkontrak. Perikatan asmara cara ini di undang-undang Belanda bobotnya sejajar dengan perkawinan. Dan samenleven ini berlaku baik untuk pasangan tradisional pria-wanita, maupun pasangan LGBT, pria-pria serta wanita-wanita.

Beasiswa
Cara lain  datang ke Belanda secara murah lewat beasiswa. Kuliah atau penelitian di perguruan tinggi Belanda. Eka Tanjung pernah mewawancara jurubicara dari Nuffic (NESO) lembaga Belanda yang mengurusi kerjasama perguruan tinggi dengan negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Dijelaskan bahwa sejatinya sangat banyak beasiswa yang ditawarkan pada praktisi media, pegawai pemerintah daerah, pekerja NGO, rohaniawan, dosen dll. Untuk informasi lebih jauh tentang macam beasiswa ke Belanda: NESO Indonesia. Pemerintah Belanda memasukkan Indonesia ke dalam kelompok negara yang diprioritaskan. Nuffic pun gencar melakukan kampanye beasiswa ini ke Indonesia.

Bukan saja Belanda, tapi Jerman, Prancis, Inggris, Mesir, Arab Saudi, Qatar juga memberi berbagai kemudahan untuk menempuh pendidikan di negara mereka. Ini link ke sebuah situs berbagai jenis beasiswa yang bisa diperoleh, untuk bisa gratis sampai ke Eropa.

Bekerja
Di berbagai kota, Eka Tanjung bertemu kawan-kawan Indonesia yang datang ke Belanda karena alasan bekerja, expat. Expat adalah karyawan asing yang datang ke Belanda karena bekerja di perusahaan internasional. Di bidang teknik seperti Philips, Cap Gemini, IBM dll.

Menjadi expartriate ini secara pendapatan sangat menarik. Sebab selain gajinya besar karena standar keahlian, juga undang-udang Belanda mengutip pajak lebih lunak kepada kelompok expat ini.

Links menarik:

Training
Ada pula tenaga teknisi dari perusahaan Indonesia, yang mengikuti pelatihan jangka panjang di Belanda. Seperti halnya di Galangan Kapal Den Helder saat ini ada beberapa teknisi Indonesia yang sedang mengikuti pelatihan. Selain itu di Pemprov DKI Jakarta, saat ini mengirimkan puluhan orang birokrat muda ke Rotterdam untuk melihat dapur tata kota dan tata air di kota Pelabuhan Rotterdam. Pelatihan per tiga bulan itu diselenggarakan oleh Hogeschool Rotterdam berkala dari 2014 sampai Februari 2016.

Diplomat
Di kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri ditempatkan diplomat yang berada di Belanda untuk waktu tertentu. Duta Besar, Kepala Bidang dll berada di negara penugasan untuk jangka beberapa tahun. Mereka juga mendapatkan izin tinggal di negara lain sebagai diplomat.

Aupair
Salah satu cara mudah ke Belanda adalah menjadi Aupair. Aupair sejatinya ditujukan sebagai belajar budaya Belanda. Tinggal di rumah orang Belanda dan membantu pekerjaan ringan di rumah keluarga hospita. Biasanya izin tinggalnya satu tahun. Sebagai salah satu contoh biro aupair bisa dibaca di sini.

Pelaut dan Cruise
Ada pula pekerja yang datang ke Belanda sebagai pelaut. Dia ikut berlabuh dengan kapal peti kemas yang sedang menurunkan atau mengambil barang. Biasanya mereka berada di kota pelabuhan Rotterdam. Selain pelaut ada pula pekerja di Kapal Pesiar yang datang ke Belanda untuk sesaat. Salah satu kapal yang merapat di Belanda adalah Holland-America Line.

Selain itu tentu saja masih banyak warga Indonesia yang berada di Belanda karena alasan lain. Jika kawan ingin menambahkan, silakan mengirim pesan ke salah satu kontak di bawah ini:

Eka Tanjung. Supir Santun. Pemandu Wisata di Belanda. Ingin Berwisata Puas di Belanda dan Eropa. Mencari tour murah di Belanda. Angkutan umum hemat di Belanda. Penginapan Hemat dan Murah di Belanda. #supirsantun orang Indonesia di Amsterdam. Gaet Indonesia yang Asik.
Klik Gambar di Atas Untuk Berkirim Pesan WA