Kalau ke India, Paspor Indonesia Lebih Sakti dari Paspor Belanda

Posted on Updated on

india-indonesiaSelama ini Eka Tanjung beranggapan paspor Indonesia lebih terbatas dibanding paspor Belanda. Kalau bepergian ke United Kingdom, warga Belanda bisa langsung masuk. Orang Indonesia harus anprah dulu.

Tapi tidak demikian halnya kalau ke India, negerinya Mahatma Gandhi. Sejak tahun 2011, orang Indonesia bisa langsung minta Visa on Arrival di banyak bandara di India. Sedangkan kalau orang Belanda harus terlebih dahulu meminta resmi visa lewat online dan syarat-syaratnya lebih ribet.

Saya jadi tahu ini karena terpaksa menyelidiki. Aslam (Desember 2001) putra kami berencana ikuti studi tur ke India tahun depan, untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan pelajaran sosial. Dia sempat khawatir batal berangkat karena dia berpaspor Indonesia.

Dari pengalaman hidupnya yang masih pendek, ia merasakan paspor Indonesia lebih terbatas dari Belanda. Ia mengalami ketika studi tur ke Inggris baru-baru ini, lebih banyak urusan dibanding kawan yang paspor Belanda. India ternyata memasukkan Indonesia ke dalam kelompok negara yang mendapat kemudahan untuk masuk ke negeri itu. Hal itu dimungkinkan sejak tahun 2011 lalu, setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kenegaraan ke India. 24-26 Januari 2011.

Orang berpaspor Indonesia dan belasan negara lain bisa langsung meminta visum di bandara Tourist Visa on Arrival di India. Cukup dengan menyiapkan:

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan.
  2. Dua kali pasfoto ukuran  5cm x 5cm
  3. Photocopy paspor
  4. Alamat hotel atau tempat tujuan (jika memungkinkan)
  5. Tiket pulang-pergi
  6. Uang € 50.

Sementar itu bagi kawan yang berpaspor Belanda, harus menjalani prosedur yang lebih panjang, harus mengantar permohonan ke perwakilan imigrasi India, nunggu minimal empat hari. Pokokna lebih ribet dah.

  1. Mengisi formulir permohonan,
  2. Mengisi Formulir Pernyataan ,
  3. Dua pasfoto 5cmx5cm,
  4. Paspor masih berlaku minimal enam bulan,
  5. Untuk pekerja, pebisnis, penganggur harus mengisi formulir tambahan,
  6. Mencantumkan photocopy laporan bank dan bla-bla-bla..
  7. Mengantar formulir secara pribadi ke salah satu perwakilan imigrasi India di Belanda,
  8. Menunggu keputusan minimal 4 hari,
  9. Membayar beaya € 50,-
  10. Untuk warga Belanda kelahiran luar Belanda, harus ngisi formulir ektra lagi. Wedeeeh..

Intinya sih penulis senang, putranya Insya Allah tahun depan bisa ikut studi tour ke India tanpa harus ribet. “Papa, aku bangga punya paspor Indonesia. Tapi sekarang malah lebih bangga lagi,” katanya setelah membaca kemudahan yang dia akan dapatkan dari dinas imigrasi India.

Tanjung Kontak
Tanjung Kontak

Links menarik:

Advertisements