Cari Harta Karun di Hari Raja

Posted on Updated on

20140426_132807 Gazelle
Gazelle Tua Hanya € 1

Kalau di Bandung baru saja berlangsung acara Napaktilas Konferensi Asia Afrika 60 tahun lalu, di Belanda baru akan mulai acara meriah Koningsdag, Kingday atau Hari Raja. Kesempatan menemukan harta karun. Eka Tanjung teringat tahun lalu.

Penjual Gazelle 1965 Superieur
Penjual Gazelle 1965 Superieur

Mulai tahun 2015 ini Belanda benar-benar merayakan pesta rakyatnya, Koningsdag untuk pertama kali pada 27 April. Anda beruntung kalau Senin ini berada di Belanda, bisa berdesak-desakan dengan massa yang menyemut sambil berburu barang second. Barang sejuta macam yang dijajakan sepanjang jalan itu cocok untuk yang mencari. Kalau Anda mujur bisa menemukan harta karun.

Seperti tahun lalu dialami Eka Tanjung dari Serbalanda menemukan harta karun berupa sepeda tua bermerek Gazelle Heren Superieur. Gazelle adalah merek sepeda asli Belanda, seperti halnya Fongers, Batavus, Sparta dll. Tanpa sengaja hari itu penulis berjalan menelusuri pasar rakyat kota Almere. Saat sedang menyeberang jalan, berpapasan dengan seorang bapak Belanda berbadan semampai.

Dia berjalan menuntun sepeda itu diikuti oleh sang istri yang juga orang Belanda. Saat kami menyeberangi jalan dekat toko Kijkshop Almere, bapan itu spontan saja menawarkan sepedanya seranya berkata: Mau beli sepeda ini 50 sen Euro saja? Kurang lebih sekitar Rp. 7000,-  Dengan terkaget-kaget penulis menanyakan sekali-lagi kebenaran tawaran itu. Sebab di hari Ratu atau Raja ini sering juga ada orang yang sinting dan aneh-aneh.  “Maaf, berapa harganya sepeda itu?”  dia bilang “Satu euro.. ”
“Oh berarti saya salah dengar. Yo wis ra popo, 1 euro pun masih tetap sangat murah untuk kondisi sepeda seperti itu. Saat ku pegang dan goyang-goyangkan masih kokoh. Pakai 3 versnelling dan ban profilnya masih bagus pula.” Pikirku.

“Kok naik? Tadi bapak bilang setengah euro.”  Bapak itu sambil berkelakar, “saya niatnya mau gratiskan saja, tapi karena lihat muka Anda yang semangat, ya untuk gayengnya saya naikkan saja. Saya toh ingin mengosongkan gudang 20140426_132817 Gazelledan ingin menggratiskan sepeda ini.”

Wal hasil, akhirnya kantong penulis berkurang sekeping € 1,- tapi nambah sepeda satu. Kebetulan memang sedang belajar mengenal Sepeda Onthel yang berasal dari Belanda.  Penulis merasakan betul bahwa pada hari Raja itu, uang masih sangat berharga. Dengan dua euro saja bisa membeli televisi. Sedangkan di luar itu harganya sampai € 50 atau 500 euro. Maka dari itu apapun yang Anda inginkan, biasanya akan ditemukan di hari Raja.

Jika tahun 2014, Eka Tanjung mendapatkan Gazelle Heren 1965, tahun ini akan merubah strategi buruan menjadi Batu Akik. Barang kali saja bisa menemukan akik dari zaman Gajah Mada atau Kerajaan Kutai yang dibawa ke Belanda.